Ini 4 Tujuan Ruwat Agung Nuswantoro

Kamis, 13 September 2018 16:43:39
Reporter : Misti P.
Ini 4 Tujuan Ruwat Agung Nuswantoro

Mojokerto (beritajatim.com) - Ruwat Agung Bumi Nuswantara yang digelar Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbudpora) di Pendopo Agung Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Kamis (13/9/2018) mempunyai empat tujuan.

Kepala Disporabudpar Kabupaten Mojokerto, Djoko Wijayanto mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan tersebut yakni untuk melestarikan seni, budaya dan peninggalan leluhur. "Karena ini merupakan aset bangsa yang tak terhingga harganya," ungkapnya.

Tujuan kedua yakni agar generasi muda tahu betul tentang seni, budaya dan peninggalan leluhur. Tujuan ketiga sebagai promosi wisata Kabupaten Mojokerto ke luar daerah dan tujuan keempat yakni agar perekonomi warga sekitar bisa meningkat.

"Antusiasnya tiap tahun terus meningkat dan pesertanya berasal dari luar kota juga banyak. Bahkan Raja Bali dan Palembang juga datang. Mereka juga berharap kedepan semua raja dikumpulkan disini tapi semua itu butuh pemikiran. Baik persiapan maupun pengamanannya," katanya.

Djoko menambahkan, setelah sebelumnya kegiatan dimulai dengan Festival Mocopat kemudian Ruwat Magesti, kegiatan dilanjutkan dengan Magesti Suro dan pucak acara Kirab Agung Nuswantoro pada Minggu (16/9/2018). Kirab mengangkat tema Digdaya Maha Patih Gajahmada.

"Yang selama ini kita tahu, besarnya Mojopahit karena beliau (Maha Patih Gajahmada, red) yang terkena dengan sumpah amukti palapa. Sehingga pada acara puncak Kirab Agung Nuswantoro pada Minggu besok mengangkat tema Digdaya Maha Patih Gajahmada," jelasnya.[tin/kun]

Tag : suro

Berita Terkait

Komentar

Kanal Peristiwa