Dihadiri Menaker dan Tokoh Pers

Penggalangan Dana untuk LBH Pers Tembus Rp 141 Juta

Kamis, 02 Agustus 2018 09:57:36
Reporter : Yusuf Wibisono
Penggalangan Dana untuk LBH Pers Tembus Rp 141 Juta

Jombang (beritajatim.com) - Lembaga Bantuan Hukum Pers (LBH Pers) menggelar malam penggalangan dana publik, Rabu (1/8/2018). Dana yang terkumpul dalam penggalangan dana tersebut mencapai Rp 141.800.000.

Acara tersebut juga didukung oleh Aliansi Jurnalis Independen Jakarta, ICW, SCTV, KontraS, LBH Jakarta, Sindikasi, FSPMI/SPLM dan individu-individu yang tidak bisa disebutkan satu persatu karena telah membantu ikut mensukseskan acara malam penggalangan dana publik ini.

Seperti diketahui, saat ini LBH Pers sedang mengalami kekurangan finansial untuk menjalankan roda organisasi bantuan hukum. Baik itu untuk operasional kantor maupun untuk advokasi kebebasan pers dan kebebasan berekspresi dilakukan.

"Tujuan penggalangan dana ini mengajak partisipasi publik dengan cara menghimpun dana untuk mendanai kerja-kerja advokasi kebebasan pers dan kebebasan berekspresi," ujar Direktur LBH Pers Nawawi Bahrudin, melalui siaran persnya.

Acara yang berlangsung  di SCTV  tersebut dipimpin dengan host Aiman Witjaksono dan Cindy Sistiyarini (Jurnalis Kompas TV). Acara dimulai pukul 19.30 WIB dengan pemutaran film pendek LBH Pers hasil karya AJI Jakarta.

Film tersebut berisikan testimoni dari Direktur LBH Pers, Ketua AJI Jakarta dan testimoni dari Tokoh Pers seperti Bambang Harimurty dan Sapto Anggoro. Juga testimoni dari klien-klien LBH Pers seperti Khoe Seng Seng dan Komika Muhadkly Acho.

Bambang Harimurty sebagai Dewan Penyantun LBH Pers menyampaikan bahwa kerja-kerja LBH Pers bukan hanya menangani kasus yang sudah terjadi, tetapi juga mencegah timbulnya sebuah kasus. Semisal, pelatihan hukum pers kepada aparat penegak hukum dll. Sementara sambutan dari SCTV yang telah menyediakan tempat secara gratis diwakili Mohammad Teguh (Pemimpin Redaksi Liputan 6).

Acara donasi tersebut juga dihadiri Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri. Dalam orasinya, Hanif menyampaikan pentingnya pekerja media untuk berserikat. Karena dengan berserikat maka pekerja media menjadi kuat. "Keberadaan LBH Pers sangat penting untuk mengadvokasi kasus-kasus ketenagakerjaan pekerja media," kata Hanif.

Di tengah acara, terdapat juga testimoni dari para mantan klien LBH Pers, seperti Ex Jurnalis Bloomberg TV dan Khoe Seng-Seng korban kriminalisasi dan gugatan pencemaran nama baik. Selain itu juga secara khusus pelukis nasional S Malela Margasarie mendonasikan 2 karya lukisannya untuk dijual dan hasil penjualanya didonasikan untuk operasional dan advokasi LBH Pers.

Acara penggalangan dana malam ini ditutup dengan penampilan Musisi Tommy Tjokro Band, Tommy Tjokro juga adalah salah satu mantan klien LBH Pers atau Ex Bloomberg. "Penggalangan dana publik malam ini terkumpul Rp 141.800.000," kata Nawawi.

"Kami sampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada para donatur yang telah menyisihkan uangnya untuk didonasikan kepada LBH Pers. Donasi ini adalah amanah publik kepada LBH Pers, agar LBH Pers tetap konsisten dalam membela dan mengadvokasi kebebasan pers dan kebebasan berekspresi," pungkas Direktur LBH Pers ini. [suf]

Tag : wartawan

Berita Terkait

Komentar

Kanal Peristiwa