Kekuatan Gempa Sumenep 4,8 SR, Bisa Sebabkan Kerusakan Bangunan

Rabu, 13 Juni 2018 21:56:59
Reporter : Temmy P.
Kekuatan Gempa Sumenep 4,8 SR, Bisa Sebabkan Kerusakan Bangunan

Sumenep (beritajatim.com)--Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis kekuatan gempa yang mengguncang Kabupaten Sumenep, Madura mencapai 4,8 SR.

"Gempa tektonik yang mengguncang sekitar Sumenep berkekuatan 4,8 SR. Guncangan itu cukup kuat dirasakan. Bahkan informasinya, beberapa rumah mengalami kerusakan," kata Kepala BMKG Sumenep, Usman Khalid, Rabu (13/06/2018).

Pada Rabu pukul 20.06, warga Sumenep merasakan guncangan gempa. Berdasarkan rilis Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika wilayah III Denpasar, gempa tersebut terjadi sekitar 6 km timur laut Sumenep, dengan kedalaman 12 km.

"Kekuatan gempa 4,8 SR di wilayah daratan memang berpotensi menyebabkan kerusakan bangunan, terutama untuk bangunan yang tidak kokoh," ungkap Usman.

Namun demikian, ia meminta agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpemgaruh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Potensi gempa susulan memang ada, tapi kemungkinannya kecil. Dan gempa tadi itu tidak berpotensi tsunami. Jadi masyarakat tidak perlu panik," ucapnya. [tem/air]

Tag : gempa bumi

Berita Terkait

Komentar

Kanal Peristiwa