H-2 Lebaran, Jalanan Kota Surabaya Mulai Lengang

Rabu, 13 Juni 2018 14:21:03
Reporter : Ibnu F Wibowo
H-2 Lebaran, Jalanan Kota Surabaya Mulai Lengang

Surabaya (beritajatim.com)--Dua hari menjelang Lebaran, lalu lintas di Kota Surabaya sudah tampak lengang karena telah ditinggalkan warganya untuk mudik ke kampung halaman.

Pantauan beritajatim.com, Rabu (13/5/2018), menunjukkan, beberapa jalur tengah kota yang biasanya hampir selalu macet kali ini lancar dan cenderung lengang.

Di Jalan Raya A. Yani, depan Royal Plaza misalnya, biasanya lalu lintas di jalan ini hampir bisa dipastikan padat sepanjang hari, namun saat H-2 Lebaran suasana di jalan protokol itu sangat lengang dan lancar dua arah. Jembatan Mayangkara dan perlintasan Kereta Api RSI A Yani yang biasanya penuh sesak dengan kendaraan pun tampak kosong pada hari ini.

Begitu juga di Jalan Basuki Rahmat. Di lokasi yang sering mengalami kemacetan akibat banyaknya jumlah perkantoran dan pusat perbelanjaan yang ada di sana, kali ini pun juga sudah mulai tampak lengang. Kendaraan bermotor mampu melaju hingga 80 Km/Jam. Pada kondisi normal, hal itu tidak mungkin dilakukan.

Terkait dengan mudik ke kampung halaman yang dilakukan warga Surabaya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya Eddy Christijanto memberikan beberapa tips aman saat akan meninggalkan rumah.

"Pertama agar warga mengunci pintu dan jendela rumah saat akan meninggalkan rumah. Kedua, warga diharapkan menyalakan lampu di beberapa bagian rumah," kata Eddy.

“Jika punya dana lebih, optimalkan alarm dan CCTV. Cabut seluruh peralatan rumah, mulai gas kompor, pompa air, dan peralatan listrik yang tidak digunakan,” urainya.

Selanjutnya, Eddy mengimbau kepada masyarakat agar menitipkan hewan peliharaan ke tempat penitipan atau orang yang dapat dipercaya. Jika di lingkungan ada petugas keamanan, lanjut ia, masyarakat diharapkan memberikan informasi rencana mudik kepada petugas keamanan di wilayah.

“Yang terakhir, sebelum meninggalkan rumah laporkan kepergian Anda kepada ketua RT/RW serta tetangga terdekat,” pungkas Eddy.[ifw/air]

Tag : mudik, lebaran

Berita Terkait

Komentar

Kanal Peristiwa