Forum Lintas Agama dan Etnis Berkumpul di Polda Jatim, Ada Apa?

Rabu, 16 Mei 2018 16:01:17
Reporter : Nyuciek Asih
Forum Lintas Agama dan Etnis Berkumpul di Polda Jatim, Ada Apa?

Surabaya (beritajati.com) - Forum Lintas Agama dan Etnis Jawa Timur mendatangi Polda Jatim. Para tokoh dari Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI), Konferensi Waligereja Indonesia, Perwakilan Umat Buddha Indonesia, Parisada Hindu Dharma, Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia, Muslimat NU, Lembaga Persahabatan Ormas Islam dan PBNU ini berkumpul di ruangan Kapolda Jatim.

Salah satu tokoh yang turut serta dalam forum ini adalah Ali Maschan Moesa, menurutnya kedatangan para tokoh ini adalah untuk mengapresiasi Polda Jatim karena telah begitu sigap menuntaskan peristiwa teror yang terjadi di beberapa wilayah di Jawa Timur. "Kita harapkan tidak ada trauma sosial pada masyarakat," ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut kata Ali juga dibahas bagaimana agar tidak adanya teror baru atas adanya gelombang kebencian terhadap identitas tertentu. "Dan ini tidaklah mudah, jangan sampai itu menjadi teror baru di Masyarakat," ujarnya.

Sementara ketua Umum Badan Musyawarah Antar Gereja Lembaga Keagamaan Kristen Agus Susanto menyatakan paska kejadian ini akan ada peningkatan kewaspadaan dari internal gereja dan juga polisi dan banser.

"Kita memag diminta kepolisian untuk melakukan pengamanan internal. Namun selain itu juga beban kami sebagai tokoh agama, adalah adanya kebencian pada identitas. Dan hal ini supaya jangan dikembangkan," ujarnya.

Pihaknya juga menghimbau agar mayarakat tidak usah takut dan tetap datang ke gereja di hari minggu. "Kita himbau pada Gereja seluruh Jatim untuk tetap ibadah dan meningkatkan informasi antara satu dan yang lain," ujarnya. [uci/kun]

Tag : bom surabaya

Berita Terkait

Kanal Peristiwa