Besok Aksi 212 di Jember, Ini Panduan Lalu Lintas dari Polisi

Selasa, 20 Februari 2018 16:59:55
Reporter : Oryza A. Wirawan
Besok Aksi 212 di Jember, Ini Panduan Lalu Lintas dari Polisi

Jember (beritajatim.com) - Banyak orang diperkirakan akan mengikuti Aksi 212 pada Rabu, 21 Februari 2018 di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Aparat Kepolisian Resor Jember melakukan pengaturan arus lalu lintas.

Aksi yang memprotes kebijakan pemerintahan Bupati Faida ini akan dimulai sejak pukul sembilan pagi. Kepala Kepolisian Satuan Lalu Lintas Polres Jember Ajun Komisaris Prianggo Parlindungan Malau mengatakan, titik kumpul peserta aksi di sepanjang Jl. KH. Shidiq, dimulai dari depan Pondok Pesantren Ash Shiddiqi Putri (Ashri) mengarah ke simpang tiga talangsari. 

"Tidak menggunakan kantong parkir, dengan formasi terdepan mobil patwal Satlantas, 2 kendaraan truk pengangkut Sound system, 2 pickup sound system,  peserta aksi yang berjalan kaki, berjajar tiga sepeda motor (50 unit), kendaraan roda empat yang jumlahnya belum teridentifikasi), penutup Randis Scorpio Satlantas dan Raimas Sabhara," kata Malau.

Sementara itu, lanjut Malau, kendaraan truk yang mengangkut massa, setelah menurunkan peserta aksi langsung  berbalik kanan dan menuju kantong parkir akhir di Jalan Sumatera. "Pada saat merangkai kendaraan di titik kumpul, arus diberlakukan satu arah dari arah selatan ke utara (Jl. KH Shidiq ke simpang empat Pasar Tanjung), sedangkan untuk arus lalu lintas yang mengarah ke selatan dialihkan ke Jalan Cokroaminoto," katanya.

Sekitar Jam 10, massa Aksi 212 bergerak menuju ke Pendopo dengan rute Jalan KH Shidiq -  Jalan Samanhudi – Jalan Sultan Agung – depan masjid Jamik Al Baitul Amin. Arus lalu lintas di seputaran simpang empat Pasar tanjung ditutup atau diberhentikan sementara. "Pada saat kelompok massa bergerak, dilakukan penutupan simpang empat Pasar Tanjung dan simpang tiga Jompo," kata Malau.

Saat kelompok aksi tiba di Pendapa Wahyawibawagraha, arus lalu lintas dari arah Jalan Gajah mada dialihkan melalui Jalan Samahudi. "Estimasi waktu istigosah dan istirahat salat makan sampai jam 12.30," kata Malau. Kantong parkir roda empat disiapkan di Jalan Sudarman dan Jalan Kartini, mulai dari simpang empat Kartini sampai simpang tiga Grapari.

Usai istigosah, dari depan Pendapa Wahyawibawagraha massa bergerak menuju ke DPRD Jember dengan jalur Jalan PB. Sudirman - simpang empat SMP 2 – Jalan Bedadung  - Jalan Bengawan Solo – dan Bundaran DPRD.

Polisi melakukan penyaringan arus lalu lintas dari arah utara. 

1. Simpang 3 Jarwo (diarahkan ke Jl. Mastrip), 

2. Simpang 3 Bhayangkara (diarahkan ke Jl. Nusa Indah)

3. Simpang 4 SMP 2 (diarahkan ke Jl. Anggrek – Jl. Mawar – Jl Nusa Indah)

(pelaksanaan pengalihan arus sampai dengan seluruh peserta aksi melintas dan memasuki Jl. Bengawan Solo)

Sementara itu, saat kegiatan aksi berlangsung du DPRD Jember, Jalan Kalimatan 86, terjadi perubahan arus lalu lintas.

1. Arus lalu lintas yang mengarah ke Jl. Bengawan Solo disekat dan dialihkan ke Jl. Brantas

2. Arus lalu lintas dari Jl. Sumatera dialihkan ke Jl. Nias

3. Arus lalu lintas dari Jl. Kalimantan untuk R4 disaring di Simpang 4 Mastrip diarahkan ke Jl.Mastrip dan untuk R2 disaring serta dialihkan melalui Jl. Kalimantan XIV

"Aksi diperkirakan selesai jam 14.00. Kembalinya kelompok massa yang dari wilayah Jember utara dan barat diarahkan melalui Jalan Kalimantan, massa dari wilayah Jember Timur diarahkan melalui Jalan Jawa," kata Malau. [wir/kun]

 

Tag : aksi 212

Berita Terkait

Komentar

Kanal Peristiwa