Banjir Genangi Jalur KA antara Tegal-Brebes, Kereta Ke Madiun Terlambat

Selasa, 13 Februari 2018 12:28:01
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Banjir Genangi Jalur KA antara Tegal-Brebes, Kereta Ke Madiun Terlambat

Madiun (beritajatim.com) - Curah hujan yang intensitasnya cukup tinggi di wilayah Jawa Tengah, khususnya di daerah Brebes, sehingga kali Gangsa meluap di beberapa desa dan menyebabkan terjadinya banjir pada jalur KA, di km 155 + 4/9 lintas Brebes-Tegal.

Tepatnya Desa Krandon dan Kelurahan Krandon, Kecamatan Margadana. Banjir ini menyebabkan operasional kereta lintas tersebut, mengalami gangguan. Untuk sementara jalur KA tidak dapat dilewati sejak pukul 10.15 wib lalu.

Hal itu dikarenakan rel terendam air sepanjang 200 m di jalur hulu dan di jalur hilir mengalami gogos (landasan batu kricak ) hanyut terbawa derasnya air di 5 titik yang kedalamannya mencapai 1m dan panjang gogosan masing2 hingga 3 m.

"Antisipasi untuk menekan kelambatan telah dilakukan oleh PT KAI Daop 3 Cirebon dan Daop 4 Semarang, dengan pengalihan jalur KA (jalan memutar) dari Cirebon Prujakan ke arah selatan via Ciledug hingga Prupuk dan selanjutnya lewat Slawi, Tegal dan masuk ke lintas utara kembali," beber Manajer Humas DAOP VII Supriyanto kepada beritajatim.com,  Selasa (13/2/2018)

Dari pantauan kami, lanjut dia, beberapa perjalanan kereta api dari Jakarta menuju wilayah Daop 7 Madiun, yang melewati daerah Brebes-Tegal-Semarang mengalami keterlambatan.

Diantaranya, KA 56 (Bangunkarta) relasi  Gambir-semarang-Madiun- Surabaya masuk stasiun Madiun terlambat 126 mnt. Seharusnya tiba di stasiun Madiun jam 01.04 menjadi jam 03.10 wib. Ka 172 (Matarmaja) relasi Jakarta Pasar senen-semarang-madiun-malang mengalami keterlambatan 109 mnt. Seharusnya masuk Madiun 02.54. masuk Madiun menjadi 04.36

Ka 176 (Brantas) relasi Jakarta pasarsenen-semarang-madiun-blitar terlambat 218 mnt, dari jadwal masuk Madiun jam 04.50, diperkirakan tiba di stasiun Madiun jam 08.30

Ka 142 (Majapahit) relasi Jakarta Pasar senen-semarang-madiun-malang  terlambat 201 mnt. Jadwal seharusnya tiba distasiun Madiun jam 05.19, diperkirakan akan tiba di stasiun Madiun jam 08.57.

"PT KAI tetap mengutamakan keselamatan perjalanan KA dan melakukan langkah-langkah untuk segera menormalisasi perjalanan KA, dan Kami mohon maaf atas keterlambatan perjalanan KA-KA tersebut karena imbas banjir di wilayah Brebes," demikian disampaikan Supriyanto, Manager Humas Daop 7 Madiun. [mit/kun]

Tag : banjir madiun, ka

Berita Terkait

Kanal Peristiwa