Awal Februari, 23 Desa di 10 Kecamatan Kabupaten Jember Banjir

Jum'at, 02 Februari 2018 14:11:51
Reporter : Oryza A. Wirawan
Awal Februari, 23 Desa di 10 Kecamatan Kabupaten Jember Banjir

Jember (beritajatim.com) - Sebanyak 23 desa di 10 kecamatan di Kabupaten Jember Jawa Timur, terkena banjir, 1 Februari 2018 kemarin. 

Hujan yang turun deras sejak siang hingga malam hari menyebabkan banjir dengan rata-rata ketinggian 20 hingga 50 centimeter. Bahkan ada yang mencapai satu meter.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember mencatat banjir terjadi di Desa Harjomulyo (Kecamatan Silo), Wonoasri, Sanenrejo (Tempurejo), Glundengan (Wuluhan), Yosorati, Sumberagung, Jatiroto, Gelang (Sumberbaru), Curahlele, Karang Semanding (Balung), Bagorejo, Kepanjen (Gumukmas), Sukorejo, Bangsalsari, Karangsono (Bangsalsari).

Selain itu banjir terjadi di Desa Kraton, Paseban (Kencong), Pondokjoyo, Sidomekar, Semboro Lor (Semboro), Tanggul Wetan, Klatakan (Tanggul), dan Desa Kaliwining (Rambipuji). 

"Dari jumlah lokasi banjir, ini yang tertinggi. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa," kata Kepala BPBD Jember Widi Prasetyo, Jumat (2/2/2018).

BPBD belum merinci jumlah rumah yang terendam air. Namun Widi memperkirakan jumlahnya bisa ribuan. "Di Tempurejo sekitar 600 rumah lebih, di Sumberagung sekitar 600 rumah lebih. Di Karang Semanding sekitar 150 rumah," kata Widi.

Widi mengatakan, curah hujan pada Februari masih tinggi. "Ini sesuai dengan perkiraan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika). Maret mulai turun. Kami membangun terus komunikasi dengan para relawan. Tadi malam saya dibantu komunitas pecinta alam dan relawan," katanya. [wir/ted]

Tag : banjir jember

Berita Terkait

Kanal Peristiwa