Sistem Kemudi Rusak

Truk Tronton Muat Pakan Ternak Melintang di Jalur Surabaya-Madiun

Kamis, 07 Desember 2017 06:45:59
Reporter : Misti P.
Truk Tronton Muat Pakan Ternak Melintang di Jalur Surabaya-Madiun

Mojokerto (beritajatim.com) - Akibat tie road (sistem kemudi, red) macet, sebuah truk tronton muatan pakan ternak nopol AD 1830 AY menabrak batu tumpuhan Penerangan Jalan Umum (PJU) yang berada tepat di perempatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Truk langsung melintang di jalan yang menghubungkan Surabaya - Madiun.

Tak hanya melintang di jalur lawan, akibat tabrakan tersebut batu tumpuhan TL langsung menghantam mobil Suzuki Carry Pikap nopol S 9836 WC muatan ayam potong. Akibatnya, sopir pikap Hasan Bistri (56) warga Desa Gedangan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang mengalami patah leher.

Sopir truk, Adi Arianto (25) warga Desa Trombol, Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah mengatakan, di lokasi kejadian tiba-tiba tie rod macet sehingga kemudi tidak bisa dikendalikan. "Truk saya langsung menabrak lampu merah dan kena mobil pikap," ungkapnya, Kamis (7/12/2017).

Masih kata Adi, beruntung saat kejadian lalu lintas dari arah berlawanan tidak terlalu ramai sehingga tidak sampai menabrak kendaraan lain. Mobil pikap, lanjut Adi, terkena batu tumpuhan PJU sehingga menyebabkan bagian depan mobil penyok. Sementara sopir dilarikan ke RS Dian Husada di Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

"Saya muat pakan ayam, dari Surabaya mau ke Sragen. Saya tidak ngantuk, karena memang baru berangkat habis istirahat di Mojokerto. Semua dicek ya kondisinya bagus, muatan juga standar tidak overload. Ya itu tadi kokel setirnya macet jadi tidak bisa dikendalikan," ujarnya.

Sementara itu, Kanit Lantas Polsek Trowulan, AKP Suwarso mengatakan, dari keterangan sopir truk tronton jika ada kendala di bagian kemudi. "Sehingga setir tidak bisa dikendalikan, kemudian menabrak batu tumpuhan PJU. Dari arah berlawanan muncul mobil pick up," katanya.

Mobil pikap terkena batu tumpuhan PJU, truk baru berhenti setelah menabrak tiang PJU di pinggir jalan atau 50 meter dari lokasi awal. Sementara, sopir pick up mengalami luka patah di bagian leher karena setir dan dievakuasi ke RS Dian Husada.

Akibat kejadian tersebut, jalur dari Jombang menuju Surabaya macet karena truk melintang. Tampak petugas kepolisian mengatur lalu-lintas dengan sistem buka tutup sembari menunggu proses evakuasi dilakukan. [tin/suf]

Tag : kecelakaan

Berita Terkait

Kanal Peristiwa