Wartawan Mojokerto Kumpulkan Donasi Korban Banjir Pacitan Rp 16,2 Juta

Kamis, 30 Nopember 2017 17:50:32
Reporter : Misti P.
Wartawan Mojokerto Kumpulkan Donasi Korban Banjir Pacitan Rp 16,2 Juta

Mojokerto (beritajatim.com) - Aksi kepedulian terhadap korban banjir di Kabupaten Pacitan ditunjukan para wartawan di Mojokerto, Kamis (30/11/2017). Bersama komunitas Gus Durian Mojokerto, para awak media turun ke jalan mengetuk hati para pelajar dan pengguna jalan.

Sasaran pertama yakni di SMAN 1 Sooko yang berada di Jalan RA Basuni Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Meski sedang ujian, namun tak menyurutkan niat para siswa untuk menyumbang korban bencana banjir melalui kardus yang berjalan keliling.

Sebanyak 40 kelas yang ada, tak luput dari aksi para wartawan. Mereka masuk ke dalam kelas didampingi guru untuk menyampaikan tujuan menggelar aksi penggalangan dana untuk korban banjir di Kabupaten Pacitan. Dari OSIS SMAN 1 Sooko sendiri juga menyumbang sebesar Rp4 juta.

Usai melakukan aksi di SMAN 1 Sooko, para wartawan bergerak ke perempatan Sooko. Sasarannya yakni pengguna jalan. Sekitar satu jam, mereka melakukan aksi penggalangan dana di perempatan Sooko. Dari dua lokasi tersebut terkumpul dana sebesar Rp8,8 juta.

Aksi dilanjutkan ke perempatan Puri dengan sasaran pengguna jalan yang kebetulan melintas, sekitar satu jam kemudian bergeser ke kantor DPRD Kota Mojokerto. Para anggota dewan yang sedang menggelar rapat paripurna dengan agenda pengesahan raperda 2018 tak luput dari sasaran aksi.

Tak hanya para anggota dewan, juga Walikota Mojokerto, Mas'ud Yunus dan sejumlah kepala SKPD turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Dari dua lokasi tersebut terkumpul dana sebesar Rp3.131.100. Sementara sebelumnya, secara pribadi wartawan Mojokerto sudah mengumpulkan dana.

Total terkumpul Rp4.353.000. Sementara total keseluruhan dana yang sudah terkumpul dari sejumlah lokasi sebesar Rp16.284.100. Rencananya, aksi turun ke jalan akan digelar kembali pada Senin (4/12/2017) pekan depan dengan sasaran di wilayah Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.

Koodinator aksi, Muhammad Chariris mengatakan, cuaca Indonesia berubah khususnya di wilayah selatan seperti Pacitan dan Jogja terjadi bencana alam. "Temn-teman wartawan dan komunitas Gus Durian tergugah kemudian melakukan pengalanggalan dana yang dimulai hari ini," ungkapnya.

Sasarannya yakni sekolah, dua perempatan dan kantor DPRD Kota Mojokerto. Menurutnya berapa donasi yang diberikan dan terkumpul, lanjut redaktur Radar Mojokerto ini, diharapkan bisa bermanfaat untuk para korban bencana. Selain aksi turun ke jalan, wartawan Mojokerto juga membuka posko peduli bencana.
"Kita buka posko peduli bencana di sekretariat media center, bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan baik dalam bentuk uang dan sembako atau barang yang dibutuhkan bisa ke sekretariat kamu di Sooko atau sebelah KPU Kabupaten Mojokerto. Kita buka sampai satu hingga dua minggu kedepan," katanya.

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi namun tak bisa datang ke media center wartawan Mojokerto, bisa transfer ke BNI Cabang Mojokerto atas nama Misti Priharini dengan nomor rekening 0197-0562-97 atau menghubungi empat nomor telepon yang ada. Yakni 0812-1722-7578, 0821-4081-0685, 0813-3070-6337 dan 0856-
4847-7154.

"Donasi mulai dari pengguna jalan, pelajar, eksekutif dan legislatif tersebut akan kita saluran ke institusi terkait seperti BPBD Kabupaten Pacitan," tegasnya.
Kepala SMAN 1 Sooko, Kabupaten Mojokerto, Endang Binarti menyambut baik aksi para wartawan Mojokerto tersebut. "Seperti gayung bersambut, aksi sosial ini sekaligus untuk menggugah kepedulian para siswa terhadap korban bencana alam di Pacitan. Pendidikan karakter anak-anak terlihat disini, empati dan kepedulian terhadap korban bencana," pungkasnya. [tin/but]

Tag : banjir pacitan

Berita Terkait

Kanal Peristiwa