Kapolda Kumpulkan Hacker dan Asosiasi Media Siber Indonesia, Ini Imbauannya

Selasa, 28 Nopember 2017 13:17:33
Reporter : Nyuciek Asih
Kapolda Kumpulkan Hacker dan Asosiasi Media Siber Indonesia, Ini Imbauannya

Surabaya (beritajatim.com) - Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menggelar pertemuan dengan para hacker dan asosiasi media siber Indonesia di Gedung Tribrata, Selasa (28/11/2017).

Acara yang juga diikuti Wakapolda serta perwira tinggi di Jajaran Polda Jatim ini membahas menjaga Kantibmas dalam pelaksanaan Pilkada pada 2018 mendatang.

Pada awak media, Kapolda menyatakan dalam menjaga pengamanan Pilkada pihaknya siap menjaga situasi apapun.

"Kita bekerja dalam situasi apapun, termasuk hal yang terburuk pun harus kita antisipasi," ujarnya.

Dengan pertemuan kali ini diharapkan bisa menjaga situasi tetap kondusif. Sebab, kekuatan polisi bukan hanya kekuatan polisi sendiri ataupun senjata akan tetapi kekuatan seluruh masyarakat dalam menciptakan kantibmas.

"Termasuk hari ini para hecker, para asosiasi media siber kita kumpulkan. Sebab dengan pemberitaan yang posotif maka akan membuat suasana menjadi kondusif," ujarnya

Kapolda menambahkan, dengan bantuan para hacker maka akan meminimalisir hal-hal yang bersifat hoak,  hal hal yang tidak baik atau pada kelompok tertentu yang akan menghalalkan segala cara.

"Terhadap kelompok seperti itu maka akan di-take down dengan meminta bantuan hacker supaya tidak terus berkembang," ujarnya

Sejauh ini apakah ada ancaman terhadap pelaksanaan Pilkada nanti, menurut Kapolda menyatakan bahwa hal itu merupakan bagian dari dinamika dan terus berkembang maka akan diantisipasi. "Jadi pertemuan tidak hanya hari ini saja tapi berkelanjutan untuk diskusi terus," terangnya.

Kapolda juga mengimbau bagi pengguna media sosial terutama untuk penyebar hoak, orang yang memiliki keahlian IT untuk  membangun Jatim yang sejuk.

"Mari kita berpesta demokrasi dengan kegembiraan bukan ketakutan. Janganlah memecah belah kelompok, marilah kita jaga Jawa Timur yang kondusif," ujarnya.

"Kalau masih nggak ngerti dan kita tahu tempatnya apabila melanggar hukum maka akan kita tindak termasuk tim sukses," pungkasnya. [uci/but]

Tag : amsi

Berita Terkait

Komentar

Kanal Peristiwa