Rawan Rem Blong, 3 Jalur Penyelamatan Akan Dibangun di Pacet-Cangar

Rabu, 11 Oktober 2017 15:50:46
Reporter : Misti P.
Rawan Rem Blong, 3 Jalur Penyelamatan Akan Dibangun di Pacet-Cangar

Mojokerto (beritajatim.com) - Banyaknya kendaraan yang mengalami rem blong saat melalui jalur Cangar Kota Batu - Pacet, Kabupaten Mojokerto membuat Satlantas Polres Mojokerto membuat terobosan.

Yakni dengan mengajukan pembangunan tiga jalur penyelamat di wilayah Pacet.

Kasat Lantas Polres Mojokerto, AKP Wikha Ardilestato mengatakan, pihaknya sudah mengajukan pembangunan jalur penyelamat di Pacet ke Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemrov Jatim.

"Kita sudah ajukan dan sudah dilakukan rapat terkait ini," ungkapnya, Rabu (11/10/2017).

Masih kata Kasat, rapat dengan dinas terkait sudah dilakukan saat anev Operasi Ramadniya 2017 lalu dan tim survey sudah turun ke lapangan.
Pihaknya mengajukan tiga lokasi yang diperlukan adanya jalur penyelamat di kawasan Pacet. Yakni tikungan Gotean, Gotean dan tanjakan AMD Kemiri.

"Besok, paparannya di rapat forum LLAJ. Kita ajukan ada tiga lokasi lengkap dengan gambarnya karena di lokasi tersebut rawan rem blong dan di lokasi tersebut tidak ada jalur penyelamat. Kita ajukan ke Dishub dan dinas PU provinsi, anggaran dan pembangunan dari dinas PU Provinsi. Alhamdulilah di acc," katanya.

Menurutnya, pengerjaan pembangunan tiga jalur penyelamat di kawasan Pacet tersebut menunggu dari Bapeda Kabupaten Mojokerto. Pihaknya berharap, pengerjaan pembangunan tiga jalur penyelamat tersebut bisa dikerjakan tahun ini untuk meminimalisir kecelakaan di jalur Canggar-Pacet.

"Karena jalur penyelamat fungsinya yakni untuk kendaraan yang mengalami rem blong. Jadi dengan dibuat model tanjakan secara otomatis kendaraan yang remnya blong bisa berkurang kecepatannya. Dengan kecepatan yang berkurang otomatis dampak benturan kendaraan akan berkurang," jelasnya.

Kasat menambahkan, sehingga dengan dibangunnya tiga jalur penyelamat di kawasan Pacet tersebut diharapkan bisa menurunkan tingkat fatalitas kecelakaan. Menurutnya, ide pengajuan jalur penyelamat tersebut diadopsi jalur penyelamat di wilayah hukum Temanggung, Jawa Tengah.[tin/ted]

Tag : mojokerto

Berita Terkait

Kanal Peristiwa