Pengantin Ini Sumbangkan Seluruh Uang 'Buwuhan' untuk Rohingya

Selasa, 12 September 2017 22:43:02
Reporter : Nanang Masyhari
Pengantin Ini Sumbangkan Seluruh Uang 'Buwuhan' untuk Rohingya

Kediri (beritajatim.com) - Sisa tenda pengantin dan karangan bunga hajatan pengantin di rumah Nonot Hartono, warga Desa Tertek, Kecamatan Pare Kediri, Kabupaten Kediri, pada Minggu (10/9/2017) semuanya belum dibongkar.

Pernikahkan putri pertamanya Fudhla Zahida dengan Miqdad Robbani, sebenarnya pernikahan yang sama seperti pasangan pengantin lain. Namun  menjadi perhatian banyak orang ketika sumbangan dari tamu, berupa uang atau biasa disebut buwuhan, disumbangkan ke warga muslim Rohingya dan warga Palestina.

"Saat kita mau menikahkan, kita berharap bisa mengundang saudara-saudaraku syukuran. Adat masyarakat adalah buwuhan. Hasil buwuh itu bisa kita manfaatkan untuk mereka yang membutuhkan khususnya kepada saudara-saudara yang membutuhkan di Rohingya dan Palestina. Ini sudah kita rapatkan sebelum kegiatan berlangsung," ujar Nonot Hartono, Senin (12/9/2017).

Niat untuk menyumbangkan buwuhan tamu tidak saja dari orang tua mempelai. Akan tetapi juga dari kedua mempelai pengantin. Menurut Miqdad, pengantin pria, kebahagian yang saat ini ia rasakan, sebagai mempelai pengantin, diharapkan juga bisa dirasakan warga muslim Rohingya yang sekarang menjadi korban kekerasan. Karena itu sumbangan dari tamu-tamu yang hadir di resepsi pernikahnya mereka sumbangkan semuanya.

"Berbagai kebahagiaan. Kebahaagiaan bukan hanya milik saya dan istri serta para tamu-tamu yang datang. Kalau bisa yang bahagia masyarakat lintas negara, terutama ke saudara-saudara yang di Rohingnya. Yang kini mengalami pembantaian dan penderitaan. Akhirnya dari situ kita terbesit untuk menyumbangkan buwuhan untuk mereka," kata Miqdad Robbani.

Meskipun tidak mau jelaskan secara rinci jumlah sumbangan yang diberikan, namun orang tua mempelai pengantin mengatakan bahwa semua yang didapat dari sumbangan pernikahan anaknya di sumbangkan semua memalui lembaga amal dan zakat untuk disalurkan ke warga muslim Rohingya dan warga muslim di Palistina. [nng/suf]

Tag : rohingya

Berita Terkait

Kanal Peristiwa