Kebakaran Lahan di Bromo Diduga Karena Puntung Rokok

Selasa, 12 September 2017 22:52:43
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Kebakaran Lahan di Bromo Diduga Karena Puntung Rokok

Malang (beritajatim.com) - Dugaan awal lahan terbakar di Bukit Teletubies dan Padang Savana yang berada di kawasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) pada Senin kemarin (11/9/2017) diduga karena puntung rokok atau bekas bara pengapian wisatawan.

Kabid Pengelolaan Taman Nasional wilayah 1 Balai Besar TNBTS, Fariana Prabandari, mengatakan, terakhir kali kawasan Taman Nasional terbakar pada 2015 silam. Musim kemarau saat ini dianggap memiliki suhu yang cukup panas.

"Pertama karena musim kemarau, bahan bakar menumpuk semakin akan mudah terbakar. Apalagi musim kemarau begitu panas. Terakhir kali terbakar pada 2015," kata Fariana, Selasa (12/9/2017).

Pihak Balai Besar memang belum selesai mengidentifikasi penyebab kebakaran. Namun dugaan awal mengarah ke dua kemungkinan. Pertama, karena bekas pengapian wisatawan dan putung rokok.

"Dugaan lain salah satu pengunjung bisa saja membuang puntung rokok atau membuat pengapian lupa tidak dimatikan. Padahal kegiatan itu kan sudah lama dilarang. Imbauan juga sudah sering dilakukan untuk kegiatan yang bisa menimbulkan kebakaran," paparnya.

Fariana menyebut, kunjungan wisatawan di kawasan Gunung Bromo masih dibuka normal seperti biasa. Sebab, proses pemadaman hanya tinggal dua titik dikawasan lereng Blok Mendongan dan Pundak Lembu.

"Memang menggangu pengunjung karena asap, tapi kan puncak pengungjung banyak yang ke penanjakan, dan pengunjung kita arahkan ke bukit cinta. Sampai saat ini belum ada kebijakan untuk menutup wisata Bromo," tandas Fariana. [luc/suf]

Tag : kebakaran hutan

Berita Terkait

Kanal Peristiwa