Dewan Guru SDN 3 Ringinsari Sembelih Hewan Kurban

Minggu, 03 September 2017 14:06:05
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Dewan Guru SDN 3 Ringinsari Sembelih Hewan Kurban

Malang (beritajatim.com) - Iuran Para Dewan Guru dan Keluarga Koperasi SDN 3 Ringinsari, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, diwujudkan pembelian hewan Kurban.

Dalam penyembelihan hewan qurban berupa  2 ekor kambing dan 1 ekor sapi kemarin, seluruh daging kurban diberikan pada masyarakat kurang mampu yang tinggal di sekitar selolahan.

Abdul Ghofar, guru agama SDN 3 Ringinsari menjelaskan, dalam agama Islam kurban merupakan kewajiban bagi muslim yang sudah mampu. “Ini satu jalinan silaturahim antara keluarga besar koperasi SDN 3 Ringinsari, baik yang sudah purna tugas maupun yang masih aktif. Kami berharap, ke depan kegiatan semacam ini bisa direalisasikan, termasuk teman guru dan  Kepala Sekolah dapat meneruskan kegiatan semacam ini,” ujar Abdul Ghofar, Minggu (3/9/2017).

Kata dia, daging hewan kurban selanjutnya dikemas menjadi 250 paket dan  didistribusikan kepada pihak yang berhak menerima. Rincinya, 141 paket untuk siswa-siswi kelas 1 sampai VI. 70 paket untuk warga sekitar dan 7 paket untuk komite sekolah.

Sementara itu, Mukhammad Ali, mantan Kepala Sekolah SDN 3 Ringinsari membeberkan, kurban adalah sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT. Dimana Allah telah memberikan rahmat yang banyak kepada kita, jika kita menghitung rahmat Allah yang sudah kita terima mulai dari ruh ditiupkan kedalam jasad kita sewaktu kita berada di dalam rahim, nisacaya kita tidak dapat untuk menulis nya walau pun dijadikan lautan  sebagai tinta dan ranting yang ada dimuka bumi ini sebagai penanya.

“Walaupun ditambah satu lautan lagi niscaya tidak akan cukup nenghitung nikmat Allah. Begitu banyak nikmat Allah yang sudah kita terima. Tidak ada salah nya sebagai bentuk rasa syukur, kita dianjurkan untuk  berkurban yang berarti dekat dengan Allah SWT,” tuturnya.

Ia melanjutkan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya pihak sekolah untuk menanamkan pesan moral dan kemuliaan akhlak yang ditauladankan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS sejak dini kepada seluruh pelajar di SDN 3 Ringinsari.

“Penyembelihan hewan kurban ini mencerminkan ketulusan dan keikhlasan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Terpisah, Hj. Sunarsih Spd, Kepala SDN 3 Ringinsari mengaku sangat apresiasi dengan gagasan mantan Kepala Sekolah sebelumnya. Menurutnya, acara penyembelihan hewan qurban seperti ini juga sudah pernah berlangsung di beberapa SD wilayah UPT Sumawe.

"Misalkan acara penyembelihan hewan qurban seperti ini harus dilanjutkan, saya bersedia bergabung didalamnya. Karena ini satu hal yang sangat positif,disatu sisi untuk menumbuh kembangkan semangat berbagi sejak dini untuk kalangan siswa,” urainya. [yog/but]

Tag : idul adha

Berita Terkait

Kanal Peristiwa