Akibat Puntung Rokok, 2,5 Hektar Hutan Terbakar

Sabtu, 12 Agustus 2017 19:13:10
Reporter : Tulus Adarrma
Akibat Puntung Rokok, 2,5 Hektar Hutan Terbakar

Bojonegoro (beritajatim.com) - Kebakaran hutan terjadi di Area Produksi Benih (APB) PT. 103A luas baku 16,5 hektare (tanaman tahun 1971) RPH Sambirejo, BKPH Bubulan, KPH Bojonegoro, masuk Desa Setren Kecamatan Ngasem, Bojonegoro. Kebakaran terjadi sekitar pukul 12.45 WIB, Sabtu (12/8/2017).

"Luas lahan yang terbakar sekitar 2,5 hektar, dan dapat dipadamkan sekitar satu jam kemudian," ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Pemkab Bojonegoro, Andik Sudjarwo.

Pemadaman dilakukan secara bersama oleh BPBD, Polsek Ngasem, Polsek Bubulan, Sabhara Polres Bojonegoro, Perhutani, dan masyarakat sekitar. Menurut Andik, kebakaran diduga dari putung rokok yang dibuang sembarangan. "Kemudian membakar serasah hutan yang kering akibat kemarau," jelasnya.

Dampak kebakaran itu, mengakibatkan rusaknya unsur hara serta matinya tumbuhan bawah dan mikro organisme setempat. "Tidak ada kerugian materiil maupun korban jiwa," jelasnya.

Pemkab Bojonegoro juga mengimbau kepada seluruh jajaran dan masyarakat di sekitar hutan untuk lebih meningkatkan kewaspadaan. Diperkirakan pada Agustus hingga Oktober ini mulai memasuki musim kemarau. Sehingga kebakaran hutan diperkirakan lebih sering terjadi.

"Pemerintah Kabupaten Bojonegoro mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih waspada. Serta mengintensifkan kesiapsiagaan menghadapi kebakaran hutan dan lahan," ungkap Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Bojonegoro, Heru Sugiharto. [lus/suf]

Tag : kebakaran hutan

Berita Terkait

Kanal Peristiwa