Tabung Sempat Kehabisan Oksigen, Korban Tenggelam Asal Mojoanyar Berhasil Ditemukan

Rabu, 02 Agustus 2017 16:42:11
Reporter : Misti P.
Tabung Sempat Kehabisan Oksigen, Korban Tenggelam Asal Mojoanyar Berhasil Ditemukan

Mojokerto (beritajatim.com) - Tim Basarnas dari Surabaya yang melakukan pencarian terhadap korban tenggelam di sungai Desa Kedung Uneng, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto akhirnya membuahkan hasil. Meski sempat kehabisan oksigen di tabung, namun akhirnya jasad korban berhasil ditemukan.

Pencarian jasad Doni Saputra (14) asal Desa Jumeneng, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto ini dibagi dari tiga Seach dan Rescue Unit (USR). USR 1 melakukan pencarian langsung dan USR 2 dan 3 melakukan pencarian korban dengan cara penyelaman. SRU 2 menyisir dari lokasi tenggelam hingga di jembatan Kedung Uneng.

SRU 3 menyisir sampai jembatan Sumengko yang berada di kawasan Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. Selain sungainya sedalam yakni 4 meter lebih, juga banyak rongga-rongga di bawah air serta banyak tonggak-tonggak bambu di dalam sungai. Setelah dilakukan empat jam pencarian, akhirnya jasad korban ditemukan.

Koordinator Lapangan Basarnas Surabaya, Ainul Mahdun mengatakan, tim dibagi 3 SRU dan akhirnya terlihat kaki korban. "Tepat pukul 14.23 WIB korban bisa dievakuasi. Kesulitannya karena jasad korban sempat terjepit di bebatuan, awal penyelaman tradisional ada tanda korban terlihat, katanya.

Sehingga petugas menggunakan alat selam dan akhirnya jasad korban berhasil ditemukan dan dievakuasi. Masih kata Ainul, pencarian jasad korban melibatkan 30 personil dari Basarnas dan potensi relawan. Menurutnya, korban tenggelam karena terpeleset saat hendak mandi di sungai.

"Ada tiga anak bermain di tepi sungai, korban hendak mandi di sungai tapi terpeleset. Dua orang temannya tersebut berusaha menyelamatkan tapi tidak bisa sehingga dilakukan upaya pencarian oleh petugas. Alhamdulillah akhirnya ketemu dan jasad korban bisa dievakuasi," ujarnya.

Menurutnya, pencarian jasad korban sempat dihentikan karena petugas kehabisan oksigen yang ada di dalam tabung. Setelah dilakukan proses evakuasi, jasad korban langsung dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan karena pihak keluarga korban menolak dilakukan otopsi.[tin/kun]

Tag : tenggelam, mojokerto

Berita Terkait

Kanal Peristiwa