Kapal Terbakar

Puluhan Penumpang KM Mutiara Sentosa 1 Dirawat di Puskesmas Masalembu

Sabtu, 20 Mei 2017 06:48:07
Reporter : Temmy P.
Puluhan Penumpang KM Mutiara Sentosa 1 Dirawat di Puskesmas Masalembu

Sumenep (beritajatim.com) - Hampir seluruh penumpang KM Mutiara Sentosa 1 yang terbakar di sekitar perairan Masalembu, Sumenep, berhasil dievakuasi.

"Berdasarkan laporan dari anggota Polsek Masalembu, sebagian besar penumpang sudah berhasil dievakuasi. Ada yang di Syahbandar, juga ada yang dirawat di puskesmas Masalembu," kata Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Suwardi, Sabtu (20/5/2017) malam.

Ia memaparkan, berdasarkan data di Polsek Masalembu, 89 penumpang sudah berada di kantor Syahbandar. Kemudian 41 orang dirawat di Puskesmas Masalembu. "Selain itu, 30 penumpang lainnya masih di lambung kapal dan sebagian lagi sudah dievakuasi dan dalam perjalanan ke daratan," ujarnya.

Berdasarkan data manifes dari Kesyahbandaran Tanjung Perak Surabaya, KM Mutiara Sentosa I berlayar meninggalkan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada pukul 23.41 WIB dengan membawa muatan 79 unit kendaraan bermotor terdiri dari truk besar 47 unit, truk sedang 10 unit, mobil kecil 21 unit, dan 2 unit sepeda motor. Kapal yang dinahkodai Eddy Sarwoto tersebut memuat 132 penumpang dewasa serta 2 penumpang anak-anak.

KM Mutiara Sentosa 1 terbakar sekitar 3 mil di timur laut Pulau Masalembu. Informasinya, kebakaran kapal terjadi di cardeck. Api semakin lama semakin membesar dan sulit dipadamkan dengan alat pemadam api ringan (apar) dan 'sprinkle'. Nahkoda akhirnya memerintahkan penumpang dan ABK untuk meninggalkan kapal menggunakan sekoci.

Kapal yang terbakar itu pertama kali mendapatkan pertolongan dari KM Meratus Makassar, Tug Boat AS Marina 9, dan Tongkang AS Marina 12. Kapal-kapal tersebut saat kejadian berada tidak jauh dari lokasi. [tem/suf]

Tag : kapal terbakar

Berita Terkait

Kanal Peristiwa