AMSI Desak Polisi Buru Peretas Situs Tempo.co

Jum'at, 12 Mei 2017 09:41:11
Reporter : Yusuf Wibisono
AMSI Desak Polisi Buru Peretas Situs Tempo.co
Pengurus AMSI usai melakukan deklarasi belum lama ini

Surabaya (beritajatim.com) - Semenjak Rabu malam, 10 Mei 2017, situs berita Tempo.co, diretas oleh orang yang tidak dikenal. Situs berita itu memang sudah pulih, tapi peretasan ini sungguh merugikan masyarakat umum dan tempo.co sendiri.

Publik kehilangan sumber berita dan tempo.co sendiri tentu saja dirugikan dalam banyak hal, kehilangan pembaca dan potensi bisnis. Upaya peretasan ini membunuh hak publik untuk mengakses informasi yang disajikan oleh media itu.

"Sebagai media kredibel, tempo.co menerapkan azas jurnalisme yang benar dalam seluruh tata kerja memproduksi sebuah berita. Segala keberatan terhadap konten yang dipublikasikan, cara terbaik adalah menempuh mekanisme yang sudah ditentukan oleh Undang-undang Pers No.40 tahun 1999," ujar Ketua Presidium Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut, dalam rilisnya kepada beritajatim.com, Jumat (12/5/2017).

AMSI mengecam keras peretasan atas media tersebut, serta upaya adudomba yang dipajang peretas pada halaman muka situs. Cara-cara adudomba seperti itu, menurut AMSI, tidak saja menganggu kenyamanan para pengelola media itu, tapi juga berpotensi menganggu kenyamanan publik.

"Kami juga mendesak Polri untuk memburu para pelaku dan menindaknya sesuai dengan hukum yang berlaku di negara ini,"  Wenseslaus. [suf]

Tag : media

Berita Terkait

Komentar

Kanal Peristiwa