Ratusan Polisi Kawal Eksekusi Lahan Jembatan Sembayat Baru II

Rabu, 19 April 2017 15:07:35
Reporter : Deni Ali Setiono
Ratusan Polisi Kawal Eksekusi Lahan Jembatan Sembayat Baru II

Gresik (beritajatim.com) - Ratusan aparat polisi dan aparat gabungan mengawal eksekusi lahan yang diperuntukkan untuk proyek pembangunan Jembatan Sembayat Baru (JSB) II. Dalam eksekusi itu sejumlah aparat kepolisian serta aparat gabungan dengan dibantu alat berat meratakan 11 bangunan di sisi selatan proyek pembangunan JSB II.

Sebelum dilakukan eksekusi, beberapa petugas juru sita dari Pengadilan Negeri (PN) Gresik. Terlebih dulu membacakan amar putusan eksekusi. Setelah dibacakan, ratusan polisi dan beberapa petugas Satpol PP Gresik mengawal eksekusi dengan dibantu alat berat meratakan bangunan rumah maupun toko yang terkena dampak pembangunan proyek JSB II.

Eksekusi lahan untuk proyek pembangunan JBS II sangat mendesak. Pasalnya, proyek pembangunan JBS II tersendat karena terkendala adanya bangunan milik warga di sisi selatan. Padahal, puluhan tiang pancang untuk menopang pembangunan jembatan tersebut sudah lama dipasang.

Panitera Muda Perdata Pengadilan Negeri (PN) Gresik, M.Hamidi menuturkan, eksekusi dilakukan karena pemerintah telah menitipkan ganti rugi konsinyasi bagi warga yang lahannya terkena proyek pembangunan JSB II.

"Total lahan yang dibebaskan 851 meter persegi yang terdiri 11 bangunan (rumah, toko). Sedangkan lahan di Desa Bungah, ada 3.700 m2 milik warga yang berupa lahan dan tanaman juga turut dibebaskan," katanya, Rabu (19/04/2017).

Sementara, Kabagops Polres Gresik Kompol Nurhalim menuturkan, untuk mengawal eksekusi ini pihaknya mendatangkan ratusan anggota Brimob dari Polda Jatim.

"Personil Brimob didatangkan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dari warga yang belum puas karena lahannya terkena eksekusi," tuturnya. [dny/but]

Tag : lalu lintas

Berita Terkait

Kanal Peristiwa