Ribuan Bibit Edelweis Ditanam di TNBTS

Rabu, 01 Februari 2017 15:29:31
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Ribuan Bibit Edelweis Ditanam di TNBTS
Kepala Balai Besar TNBTS John Kenedie menanam bibit edelweis. (Foto:Lucky)

Malang (beritajatim.com) - Balai Besar TNBTS memberikan 1.000 bibit bunga edelweis kepada masyarakat Tengger untuk ditanam di desa setempat. Ada 4 desa di 4 Kabupaten yang diproyeksikan menjadi desa wisata edelweis.

Edelweis termasuk bunga yang dilarang dipetik oleh petugas Balai Besar TNBTS karena termasuk bunga dilindungi.

Jika bibit itu menjadi bunga baik masyarakat dan warga sekitar yang ingin memetik bunga edelweis diperbolehkan secara legal membawa bunga edelweis.

"Masyarakat disini bisa mengembangkan Edelweis untuk souvenir wisatawan. Wisatawan juga bisa memetik secara legal jika ada desa wisata Edelweis," kata kepala Balai Besar TNBTS John Kenedie, Rabu, (1/2/2017).

Empat desa yang diproyeksikan sebagai desa wisata adalah, Desa Ngadisari mewakili Probolinggo, Desa Wonokitri mewakili Pasuruan, Desa Ngadas mewakili Malang, Desa Ranupane mewakili Lumajang, karena ada masyarakat Tengger di kawasan itu.

"Harapanya masyarakat jualan Edelweis secara legal. Itu kan barang dilarang tapi legal karena itu bunganya sendiri," imbuh John.

Bagian Penyuluh Kehutanan Balai Besar TNBTS, Birama Terang Radityo mengatakan selain menyebar seribu bibit ke masyarakat, petugas Balai Besar TNBTS juga menanam sekitar 20 ribu bibit bunga Edelweis sejak 2014 hingga 2016.

"Mudah-mudahan bulan Agustus bisa jadi desa wisata. Karena bibit Edelweis ditanam butuh satu tahun kemudian berbunga. Minimal nanti perdesa akan ada 10 ribu Edelwis," tandasnya. (luc/ted)

Tag : gunung semeru

Berita Terkait

Kanal Peristiwa