1.776 Rumah di Jember Terendam Banjir

Jum'at, 09 Desember 2016 13:19:07
Reporter : Oryza A. Wirawan
1.776 Rumah di Jember Terendam Banjir

Jember (beritajatim.com) - Sebanyak 1.776 rumah warga di Kabupaten Jember terendam banjir, akibat hujan seharian, Kamis (8/12/2016) kemarin. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jember meminta warga waspada.

Data resmi dari BPBD Jember menyebutkan di Desa Glundengan, Kecamatan Wuluhan, rumah yang dihuni 728 keluarga terendam banjir.

Sementara di Desa Curahlele, Kecamatan Balung ada 228 keluarga yang terendam, di Desa Sukorejo, Kecamatan Bangsalsari ada 400 keluarga, di Desa Yosorati, Kecamatan Sumberbaru ada 250 keluarga.

Banjir juga merendam 150 rumah di Desa Karangsemanding, Kecamatan Bangsalsari, 20 rumah di Desa Sumberpakem, Kecamatan Balung.
"Sementara di Kecamatan Semboro dan Kecamatan Tanggul masih dalam proses pendataan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Bencana BPBD Jember Heru Widagdo, Jumat (9/12/2016).

Banjir terjadi karena hujan yang turun deras seharian, sejak pukul 12 siang. "Jam delapan malam, warga mulai mengungsi. Tiga sungai meluap, yakni Sungai Petung, Sungai Bangsal, dan Sungai Banjarsari. Semuanya bertemu di Dam Torpedo Karangsemanding," kata Heru.

Heru mengingatkan warga di bantaran sungai agar waspada. "Ini masih awal musim hujan," katanya.

BPBD sudah membangun dapur umum dan mengevakuasi korban banjir. "Namun warga sudah bergotong royong membantu. Luar biasa," kata Heru. (wir/ted)

Tag : banjir jember

Berita Terkait

Komentar

Kanal Peristiwa