Tips Hindari Flu di Musim Penghujan

Rabu, 02 Januari 2019 22:03:32
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Tips Hindari Flu di Musim Penghujan

Surabaya (beritajatim.com) - Musim penghujan memang indentik dengan penyakit influenza karena perubahan suhu pada siang dan malam hari, apalagi di kota-kota besar seperti Surabaya, terbilang ekstrem.

Terkait hal tersebut, Dr. Erwin Astha Triyono, dr., SpPD memberikan beberapa tips hidup sehat jauh dari flu di musim penghujan. Menurutnya cara sehat menjauhi flu di musim penghujan adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh agar virus tidak mudah masuk.

Caranya yaitu dengan olah raga teratur, tidur cukup, makan sehat dan teratur, jaga kebersihan, pakai payung atau jas hujan ketika hujandan apabila terkena hujan segera bilas terutama dengan air hangat, dan banyak minuman hangat.

\"Musim penghujan ini lebih baik banyak tinggal di rumah, hindari air minuman dingin, bila terasa gejala flu menyerang dan memberat segera ke  Pusat Kesehatan Masyarakat atau dokter, serta jangan lupa manajemen stres yang baik,\" ujar dr. Erwin

dr. Erwin menambahkan jika beberapa orang diantara kita sudah terserang flu sebaiknya untuk tidak terlalu banyak melakukan kontak fisik dengan orang yang terjangkit flu terlebih dahulu.

\"Penyakit yang berasal dari virus  termasuk Influenza itu bisa menular radius 6 meter, jadi sebaiknya memakai masker dan sebisa mungkin hindari keramaian,\" tambahnya.

Selain sebisa mungkin menghindari keramaian dan kontak fisik berlebihan dengan orang yang terjangkit flu, dr. Erwin juga menganjurkan untuk sering cuci tangan, tidur cukup, hindari rokok dan alkohol, hindari paparan dingin, tingkatkan daya tahan dengan olah raga.

Ia juga memberikan beberapa contoh makanan yang bisa dikonsumsi saat terserang flu yang bisa ditemukan dan dibuat dengan mudah di rumah, seperti sup ayam, air hangat, parutan bawang putih dan madu.

\"Mengkonsumsi sup ayam dan banyak minum air hangat dapat meredakan gejala flu seperti menggigil dan bersin bersin. bisa juga mengunyah atau memakan parutan bawang putih beserta madu yang ampuh mengatasi flu,\" terang alumni FK UNAIR angkatan 1988 ini. [adg/but]

Tag : kesehatan

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan