Ini Harapan Rektor IAIN Madura atas Launching Terjemahan Al-Quran Bahasa Madura

Kamis, 13 Desember 2018 17:37:01
Reporter : Samsul Arifin
Ini Harapan Rektor IAIN Madura atas Launching Terjemahan Al-Quran Bahasa Madura

Pamekasan (beritajatim.com) - Rektor IAIN Madura Mohammad Kosim berharap terjemahan al-Qur\'an Bahasa Madura yang digarapnya bersama tim penerjemah nantinya bisa memberikan manfaat bagi umat Islam secara umum, khususnya bagi masyarakat Madura.

Terjemahan al-Qur\'an ke dalam bahasa Madura tersebut dilaksanakan dalam rentang waktu dua tahun dan akhirnya di launching oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin di Auditorium Rasyidi Kemenag RI Jl MH Thamrin, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

\"Penerjemahan al-Qur\'an ke dalam Bahasa Madura juga memiliki berbagai tujuan yang notabene juga mengarah pada aspek akademis, di antaranya membumikan al-Qur\'an, melestarikan bahasa daerah, serta mencari titik temu tradisi daerah yang religius dengan al-Qur\'an,\" kata Rektor IAIN Madura Mohammad Kosim kepada berijatim.com.

Proses penerjemahan yang dilakukan tim penerjemah di lingkungan IAIN Madura juga melibatkan beberapa lembaga terkait sebagai sarana evaluasi penerjemahan. Salah satunya dengan melibatkan Puslitban Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI hingga pihak Pakem Madduh Madura.

\"Kami akui proses penerjemahan ini membutuhkan waktu yang cukup panjang, bahkan beberapa kali kita menggelar workshop bersama lembaga terkait sebagai sarana evaluasi hasil penerjemahan. Di antaranya dengan melibatkan pihak Pakem Madduh yang konsentrasi dalam bidang bahasa Madura,\" ungkapnya.

Tidak hanya itu, proses penerjemahan pihaknya juga menghadirkan sejumlah tim ahli dari beberapa bidang berbeda. \"Praktisi dari berbagai latar belakang berbeda juga sangat penting, sehingga kami menghadirkan para ahli dalam proses penerjemahan ini. Seperti ahli tafsir Al-Qur\'an hingga ahli bahasa Madura,\" jelasnya.

\"Tidak kalah penting kami berharap terjemahan al-Qur\'an bahasa Madura ini nantinya bisa memberikan manfaat secara umum bagi umat Islam, khususnya bagi masyarakat Madura,\" harap pimpinan yang akrab disapa Pak Kosim.

Proses launching tersebut dihadiri langsung oleh Koordinator Tim Penerjemah al-Qur\'an ke dalam Bahasa Madura Moh Zahid bersama anggota Zainul Hasan. Sementara hasil terjemahan secara simbolis diserahkan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kepada Rektor IAIN Madura Mohammad Kosim.

Sementara launching terjemahan al-Qur\'an ke dalam bahasa Madura juga digelar bersamaan dengan launching dua bahasa daerah lainnya. Masing-masing terjemahan al-Qur\'an bahasa Aceh dan bahasa Bugis. [pin/kun]

Tag : iain madura

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan