Dosen FH UNAIR Raih Anugerah Konstitusi Karya Ilmiah Hukum Tata Negara

Selasa, 13 Nopember 2018 18:05:43
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Dosen FH UNAIR Raih Anugerah Konstitusi Karya Ilmiah Hukum Tata Negara

Surabaya  (beritajatim.com)– Universitas Airlangga (Unair) mendapat kembali prestasi cemerlang dari Dosen, peneliti, sekaligus aktivis hukum Fakultas Hukum Universitas Airlangga Dr. R. Herlambang Perdana Wiratraman, SH., MA. yang berhasil mendapatkan Anugerah Konstitusi Karya Ilmiah Hukum Tata Negara.

Penganugerahan yang diberikan dua tahunan itu bertajuk Anugerah Konstitusi Muhammad Yamin Ke-3 Tahun 2018, oleh Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Fakultas Hukum Universitas Andalas. Herlambang mendapatkan pengahargaan untuk katagori Karya Ilmiah Hukum Tata Negara Terbaik Tahun 2016-2018.

Selain aktif mengajar di Fakultas Hukum Unair, dalam aktivitas akademiknya Herlambang tekun meneliti dan menulis. Apa yang ia tekuni lebih banyak kajian interdisciplinary studies of law, yakni kajian-kajian yang interdisipliner terhadap kajiah hukum, khususnya hukum tata negara. Herlambang menaruh minat pada bidang hukum tata negara dan hak asasi manusia.

Atas diberikannya penghargaan itu, Herlambang mengatakan, “Kadang memang, saya merasa tulisan-tulisan itu ditulis karena ada refleksi selama penelitian di lapangan. Dengan harapan, selain mengembangkan ilmu pengetahun di bidang hukum tata negara, juga punya manfaat lebih untuk perubahan sosial dan perubahan kajian hukum tentang kenegaraan. Mudah-mudahan ini menjadi penyemangat diri dan semua yang tau apa yang saya kerjakan. Memberi stamina dan merawat untuk terus menulis dan meneliti," ujarnya.

Dalam penganugerahan tersebut terdapat tujuh anugerah yang diberikan, yaitu (1) Karya Hukum Tata Negara Monumental diperoleh Prof. Dr. A. Hamid S. Attamimi; (2)Life Time Achievement Pengabdi Konstitusi dan Hukum Tata Negara diperoleh Prof. Dr. M. Solly Lubis; (3) Jurnalis Konstitusi Normand diperoleh Edwin Elnizar; (4) Pemikir Muda Hukum Tata Negara diperoleh Bivitri Susanti, S.H., LL.M.; (5) Karya Ilmiah Hukum Tata Negara Terbaik Tahun 2016-2018 diperoleh Dr. R. Herlambang Perdana Wiratraman, SH., MA.; (6) Jurnal Hukum dan Konstitusi diperoleh Jurnal Konstitusi Mahkamah Konstitusi; dan (7) Pembawa Acara Bertajuk Konstitusi diperoleh Najwa Shihab, S.H., LL.M.

Sementara itu, penilai ada tujuh orang dengan ketua dewan juri Prof. Dr. H. Moh Mahfud MD, S.H., SU., dan anggota dewan juri meliputi Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H., Prof. Dr Ni’matul Huda, S.H. M.Hum., Prof. Dr. Syamsuddin Haris, M.Si., Prof. Dr. Susi Dwi Harijanti, S.H., LL.M., Ph.D., Dr. Zainal Arifin Mochtar, S.H., LL.M, dan Yosep Adi Prasetyo.[ted]

Tag : universitas airlangga

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan