UK Petra Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rektor se-Asia.

Rabu, 07 Nopember 2018 21:39:44
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
UK Petra Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rektor se-Asia.

Surabaya (beritajatim.com) - Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya menjadi tuan rumah kegiatan internasional yaitu Asian University Presidents Forum (AUPF) 2018, selama 3 hari berturut-turut, mulai 6 hingga 8 November 2018. AUPF merupakan sebuah forum pertemuan tahunan antar pimpinan perguruan tinggi di wilayah Asia.

Rektor UK Petra, Prof. Djawantoro Hardjito mengatakan bahwa kegiatan ini mampu menjadi wadah bagi ide-ide dan inovatif untuk mengatasi dan mengantisipasi kemungkinan tantangan masa depan dunia pendidikan.

"UK Petra berharap konferensi ini berfungsi sebagai platform bagi para rektor dan pimpinan pendidikan tinggi Asia untuk bertukar ide, memperluas wawasan dan jaringan dalam mengantisipasi kemungkinan tantangan masa depan yang berkaitan dengan gangguan inovatif," ujar Prof. Djawantoro.

Forum ini dihadiri oleh 122 delegasi yang terdiri dari Rektor dari jajaran pimpinan universitas yang mendampingi. Berasal dari 14 negara dari 62 Perguruan Tinggi. Mengambil tema 'Disruption at The Cross Roads: Innovative Engagement and Future Challenges for Higher Education', kegiatan ini terdiri dari beberapa kegiatan yang diadakan di Kampus UK Petra dan Sheraton Surabaya Hotel and Towers, antara lain Opening , Plenary Session and Talkshow, Parallel Sessions, Gala Dinner and Token Exchange, MoU Signing dan Closing and Hand Over Ceremony.

Dengan adanya konferensi internasional ini di hari kedua pelaksanaan Asian University President Forum (AUPF) ke-17, pada 7 November 2018, peserta menghadiri plenary session, talkshow, dan parallel session. Kegiatan ini dilaksanakan di auditorium kampus timur UK Petra.

Kegiatan dibuka secara simbolik oleh Prof. Ainun Naim, Prof. Dr. Ir Djwantoro Hardjito, Dr Jiao Fangtai dan Prof Mingying Zhuang (Honorary President of Chaoshan Vocational and Technical College) dengan membunyikan kentongan bambu yang kemudian dilanjutkan dengan talkshow.

Dalam kesempatan ini, Prof. Ainun Naim selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi hadir sebagai keynote speaker mengatakan bahwa Negara-negara di Asia sedang bertumbuh, jika berbicara mengenai pertumbuhan termasuk kualitas kehidupan, pendidikan menjadi faktor yang paling penting, tidak terkecuali pendidikan tinggi.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sangat mendukung terselenggaranya Asian University President Forum, termasuk kegiatan-kegiatan lain yang serupa yang diatur oleh forum ini.

"Kami dari Kementerian melihat bahwa kegiatan ini bagus untuk meningkatkan standar kita agar bisa setara Internasional dengan saling mengenal dan menjalin kerjasama dengan universitas lain di Asia," ujar Prof. Ainun Naim.

Talkshow mengangkat tema yang sama dengan AUPF 2018. Menghadirkan empat pembicara diantaranya Prof.Dr. Jekuk Chang (Korea selatan), Prof. Emertus Datuk DR. Kamarudin Hussin (Malaysia), Prof.DR.(HC) Ir. Rolly Intan M.A.Sc.Dr.Eng (Indonesia), Prof.Dr.hab.C Eng Janusz Szpytko (Polandia).

Setiap perwakilan melakukan pembahasan terkait program-program dari masing-masing universitas yang telah dijalankan. Pembahasan ini sekaligus menjadi ajakan untuk saling bergabung dan bekerja sama satu sama lain baik itu dibidang pendidikan, teknologi hingga industri. [adg/suf]

Tag : uk petra

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan