Ini Rekomendasi Kementerian LHK Soal Dugaan Limbah B3 di PT PRIA

Rabu, 10 Oktober 2018 16:16:16
Reporter : Misti P.
Ini Rekomendasi Kementerian LHK Soal Dugaan Limbah B3 di PT PRIA

Mojokerto (beritajatim.com) - Hasil audit Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan tidak ditemukan hubungan antara penyakit masyarakat dengan aktivitas di pabrik pengolahan limbah B3 PT Putra Restu Ibu Abadi (PT PRIA) di Desa Lakardowo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. Namun, KLHK tetap memberikan rekomendasi.

Direktur Pencegahan Dampak Lingkungan, KLHK, Ari Sugianto mengatakan, pihaknya akan memberikan rekomendasi. "Salah satu rekomendasinya yaini melakukan encapsulasi atau penutupan lokasi penimbunan, agar debunya tidak terbang. Semua debu itu iritatif," ungkapnya, Rabu (10/10/2018).

Masih kata Ari, pemerintah pusat dan daerah mendorong untuk mengenkapsukasi timbunan-timbunan limbah di masyarakat dengan cara pengecoran menggunakan adukan semen sehingga debu-debu dari timbunan limbah dapat diminimalisir. Kegiatan ini dapat melibatkan PT PRIA sebagai tanggungjawab sosial ke masyarakat.

"Dengan menggunakan fasilitas ready mix yang dimiliki PT PRIA, tapi ada kemungkinan tidak diterima masyarakat, namun Kepala DLH Jatim sudah tindak lanjuti. Pertama melakukan audit, kedua melakukan tindakan atas timbunan yang ada, itu tugas pemerintah. DLH Provinsi akan melakukan penutupan itu," katanya. [tin/but]

Tag : lingkungan

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan