Pustakawan Indonesia Gelar Kongres di Surabaya

Selasa, 09 Oktober 2018 19:15:44
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Pustakawan Indonesia Gelar Kongres di Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) - Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) hari ini menggelar Kongres yang ke XIV dan Seminar Nasional di Hotel Bumi Surabaya, 9 - 12 Oktober 2018. Ini merupakan kali pertama diadakan di Surabaya.

Organisasi yang didirikan sejak 1973 lalu ini menggelar Kongres setiap 3 tahun sekali. Seminar dan Kongres merupakan salah satu upaya pustakawan untuk menambah wawasan dan memantapkan profesinya sebagai penyedia informasi.

Kongres IPI ke XIV ini sebagai ajang untuk penetapan perubahan AD/ART dan kode etik, program kerja serta pemilihan Ketua Umum untuk masa jabatan tiga tahun ke depan. Sedangkan Seminar mengambil tema "Transformasi Pustakawan dalam Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan".

Menurut Dedi Junaedi, selaku ketua umum IPI, tujuan utama kegiatan ini adalah mempertanggung jawabkan program kerja IPI periode 2015-2018, menyusun program kerja baru, meninjau ulang AD/ART, kode Etik dan pemilihan ketua umum baru. Termasuk juga meningkatkan profesionalisme dan kompetensi pustakawan Indonesia yang mampu memberikan layanan prima, serta memperkuat jaringan dan kerja sama Pustakawan Indonesia sekaligus berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Dalam kesempatan ini pula, Dedi mengatakan bahwa pustakawan memiliki tugas sebagai garda depan untuk peningkatan minat baca dan Literasi. Menurutnya pendekatan perpustakaan sebagai sarana yang menyenangkan harus dibentuk serta peningkatan lokal konten.

"Seperti di Perpusnas, lihat gedungnya sangat mewadahi setiap kegiatan literasi dan masyarakat dengan gratis sehingga bisa menimbulkan rasa ingin ke perpustakaan," ujar Dedi.

Saat ini sudah Perpustakaan sudah masuk ke tingkat kabupaten kota, lomba anak bercerita, kegiatan gemar membaca serta pengembangan lokal Konten. [adg/but]

Tag : literasi

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan