Kembangkan Mutu Pelayanan

RSAL Dr Ramelan Surabaya Resmikan 5 Unit Fasilitas Kesehatan Baru

Selasa, 09 Oktober 2018 16:15:47
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
RSAL Dr Ramelan Surabaya Resmikan 5 Unit Fasilitas Kesehatan Baru

Surabaya (beritajatim.com) - Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr Ramelan Surabaya terus menunjukkan konsistensinya untuk mengembangkan mutu pelayanan kesehatan dengan meresmikan lima fasilitas yaitu, Ruang 7 syaraf, Pusat Kemoterapi, Instensif Care Unit, IPAL, dan Laundry.

Seusai upacara peringatan Hari Kesehatan TNI AL, Kepala Dinas Kesehatan TNI AL Laksamana Pertama TNI drg. Nora Lelyana, mengatakan bahwa penambahan fasilitas baru tersebut merupakan upaya mewujudkan kesehatan Prajurit TNI AL untuk siap tempur.

"RSAL merupakan satu-satunya rumah sakit tingkat 1 terbesar yang dimiliki TNI AL, untuk itu RSAL dituntut mampu memberikan layanan kesehatan terbaik dan profesional. Selain untuk menunjang fasilitas kesehatan Prajurit, tapi juga untuk masyarakat, semakin bagus fasilitasnya semakin baik pelayanannya," ungkap Dokter Nora.

Salah satu yang menarik dari 5 unit yang diresmikan hari ini adalah Stroke Center yang berada di Ruang 7 syaraf. Diketahui bahwa Beberapa bulan yang lalu ambruk dikarenakan bangunannya yang sudah tua, saat ini telah selesai direnovasi dan siap difungsikan secara penuh.

"Memang stroke Center ini yang kemarin atapnya roboh, Alhamdulillah tidak ada korban. Saat ini gedung sudah direnovasi, kalau bisa minggu ini sudah bisa difungsikan secara normal. Gedung ini pun sudah melalui tahap uji kelayakan dari Dislekmatal (Dinas Kelayakan Material)," ujar Wakil Kepala Bidang Medis RSAL, Sapta Prihartono.

Dr A.M. Tarigan, Kepala Satuan Pengawas Internal pun mengatakan bahwa semua material yang digunakan untuk merenovasi gedung Stroke Center dan Gedung lainnya saat ini telah melalui uji kelayakan yang sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

"Beton, galvalum semua hal yang paling kecil pun sudah di cek dislekmatal. betonnya sudah dites oleh ITS. Semua yang diminta oleh Dislekmatal kami penuhi. Semuanya sesuai standar SNI. Walaupun kemarin yang rusak cuma bagian atap tapi kami renovasi total agar semuanya bisa dimaksimalkan. Begitu pula dengan gedung lainnya di RSAL ini. Semua telah di cek dan sesuai standar," ujar Tarigan.

Renovasi Ruang 7 Syaraf RSAL dilengkapi dengan fasilitas EEG dan EMG, pelayanan rawat inap pria sebanyak 18 tempat tidur, rawat inap wanita 19 tempat tidur, stroke unit 4 tempat tidur, serta penambahan Neuro High Care Unit (NHCU) sebanyak 3 tempat tidur.[adg/ted]

Tag : rsal surabaya

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan