RSTKA Mulai Tangani Korban Gempa Tsunami Donggala

Sabtu, 06 Oktober 2018 15:00:37
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
RSTKA Mulai Tangani Korban Gempa Tsunami Donggala

Surabaya (beritajatim.com) - Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RST KA) Universitas Airlangga (Unair) hari ini mulia beroperasi mengandakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Donggala, Sabtu (6/10/2018).

Sejak pagi tadi masyarakat sudah mengantri di tenda untuk dilakukan pemeriksaan oleh tiga orang dokter

"Masyarakat sini sangat terguncang dengan musibah ini dan sekarang setelah seminggu berlalu mulai banyak yang sakit," kata Yuliani, warga Donggala yang antri untuk medapat penanganan dokter karena sakit pernapasan.

Meski dampak gempa dan tsunami tidak seberat Palu namun suasana kota Donggala juga cukup memprihatinkan. Malam suasana gelap gulita karena pasokan listrik hanya di sebagian kecil kawasan. Keberadaan RSTKA sangat dibutuhkan mengingat RSUD Donggala belum bisa memberikan pelayanan yang maksimal.

Karena selain kurangnya tenaga medis karena tenaga medis di Donggala sebagian besar dari Palu yang yang menjadi korban gempa dan tsunami. Masyarakat juga takut ketika akan dilakukan pemeriksaan di dalam gedung rumah sakit karena trauma akan terjadi gempa.

"Karena itu RSTKA berkolaborasi dengan RSUD Donggala, kalau memang akan melakukan tindakan operasi bisa dilakukan kamar operasi di RSTKA," kata dr. Agus Harianto, SpB.

Sementara dr. Pudjo Hartono, SpOG, pembina RSTKA menjelaskan bahwa misi kemanusiaan  ini berkat dukungan dari YBN PLN, Bank Mandiri, Investree, Northstar, serta masyarakat.[adg/ted]

Tag : universitas airlangga

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan