UMS Ingatkan Mahasiswa Tak Lupa Alam

Jum'at, 14 September 2018 21:48:22
Reporter : Arifah Syarofina
UMS Ingatkan Mahasiswa Tak Lupa Alam

Surabaya (beritajatim.com) - Hari ini, Rabu (14/09), Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) mengadakan kegiatan berupa Run For Peace dengan tema 'Merangkul Bumi'.

Sebelumnya, UMS sukses memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia - Indonesia (MURI) tentang menari serentak dengan kacamata virtual reality yang diikuti 1500 mahasiswa baru (maba). Kali ini, UMS mengadakan kegiatan lanjutan untuk maba, yakni olah sampah project.

Olah sampah project ini dilakukan oleh maba yang telah terbagi menjadi 30 kelompok. Acara berbentuk lari bersama sambil membersihkan sampah. Selanjutnya, sampah akan dibentuk menjadi robot.

Junairi Fery Efendi, Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (BAKA) UMS mengatakan bahwa olah sampah project tersebut nantinya akan dibuat robot sesuai kreatifitas para maba.

"Nanti mereka disuruh buat robot, dan dipamerkan di akhir acara ini," pungkasnya.

Tujuan dibentuknya kegiatan ini guna mengingatkan mahasiswanya bahwa di era teknologi yang semakin berkembang tidak boleh lupa dengan alam.

"Pesan yang kami sampaikan melalui kegiatan tersebut, selain kita memperkenalkan teknologi berupa virtual reality, kita juga tidak lupa terhadap alam," tuturnya.

Ia menambahkan, karena sampah plastik susah untuk diurai maka upaya yang dapat dilakukan yakni menjadikan sisi lain yang lebih bernilai.

"Kan susah diurai, butuh 500 tahun, minimal bisa menjadikan sisi lain yang positif. Contohnya di sini ada produk mahasiswa yang berasal dari kayu yang sudah tidak digunakan, maka kami buat lampu hias," jelasnya di Rektorat At-Tauhid Tower lantai 12. [ars/but]

Tag : ums

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan