UM Surabaya Cetak MURI 'Pakai Kacamata VR Terbanyak'

Jum'at, 14 September 2018 17:25:29
Reporter : Isdiadatul Mawaddah
UM Surabaya Cetak MURI 'Pakai Kacamata VR Terbanyak'

Surabaya (beritajatim.com) - Sebanyak 1.500 mahasiswa baru Strata Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) mencetak Musium Rekor Dunia - Indonesia (MURI), dengan memakai kacamata Virtual Reality (VR), Jumat (14/09). Rekor MURI ini diberikan langsung oleh Triyono, Manajer MURI di halaman depan gedung Rektorat At-Tauhid Tower.

Virtual Reality atau realitas maya merupakan teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam imaginasi, yang disimulasikan komputer (computer-simulated environment).

Teknologi tersebut merupakan respon terhadap perkembangan revolusi industri 4.0. Seperti yang disampaikan rektor UMS Dr dr Sukadiono MM bahwa tema digital natives dan revolusi digital 4.0 merupakan bagian dari kesiapan kampus menyambut revolusi industri. Sejak awal mahasiswa baru dikenalkan teknologi VR, yang mana teknologi merupakan instrumen kemajuan bangsa, dengan harapan mereka mampu menjadi bagian dari kemajuan bangsa.

Dalam kegiatan Rekor MURI yang tercatat dalam Nomor 8617 di tahun 2018 ini, mahasiswa diajak menari BIMA UM Surabaya dance, yang dikemas secara virtual menggunakan kacamata VR. Gerakan dance dan pengenalan lingkungan kampus dibuat dalam bentuk aplikasi di Virtual Reality, sehingga mahasiswa baru menirukan gerakan di video yang ditampilkan dalam bentuk virtual, bukan lagi melalui instruktur manusia.

"Dengan memakai teknologi ini mereka jadi bisa tahu semua ruangan yang ada di kampus tersebut. Ini merupakan ide yang luar biasa, dan Universitas Muhammadiyah Surabaya menjadi pelopor dari hal ini, dalam penggunaan teknologi Virtual Reality," ujar Triyono. [isd/but]

Tag : ums

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan