Tingkatkan Mutu Pendidikan, DPR RI Akan Godok Undang-undang Penelitian

Jum'at, 14 September 2018 00:24:51
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Tingkatkan Mutu Pendidikan, DPR RI Akan Godok Undang-undang Penelitian

Surabaya (beritajatim.com) - Penelitian atau riset merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan dan peningkatan mutu pendidikan. Hal inilah yang menjadi salah satu fokus pembahasan dari kunjungan Komisi X DPR RI ke Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Kamis (12/9/2018).

Agenda kunjungan tersebut sebenarnya juga merupakan pengawasan yang dilakukan DPR RI atas anggaran dana yang diturunkan pemerintah ke Universitas dan pemantauan kinerja dan capaian yang telah dilakukan.

Arzetti Bilbina, selaku anggota komisi X DPR RI yang turut hadir di kunjungan tersebut mengatakan bahwa dipilihnya Unair sebagai tuan rumah kunjungan dikarenakan Unair merupakan salah satu Universitas yang termasuk dalam PTN BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum) yang diharuskan masuk dalam 500 Besar Perguruan Tinggi Terbaik di Dunia atau World Class University (WCU).

"Kami ke sini karena Unair merupakan PTN BH yang bisa menjadi wakil untuk menyalurkan aspirasinya dan memang kami ingin mendengar apa saja yang dibutuhkan universitas-universitas di Surabaya dan Sidoarjo," ujar Arzetti.

Salah satu faktor pendorong laju Unair dan PTN BH lainnya menuju WCU adalah riset atau penelitian. Arzetti pun mengatakan, untuk mendorong semangat para peneliti untuk melakukan lebih banyak penelitian, maka akan dibuatkan Undang-undang Riset Pendidikan yang isinya meliputi dukungan penelitian seperti fasilitas, anggaran, perlindungan kekayaan intelektual dan royalti.

"Kami lihat penelitian merupakan faktor utama kemajuan suatu bangsa sehingga riset tersebut harus dinaungi oleh undang-undang. Saat ini kami sedang menggodok daftar inventaris masalahnya dulu dan belum ketok palu. Insyaallah Oktober akan ada pertemuan pemangku kebijakan untuk membahas rancangan undang-undang ini," ungkap politisi yang juga merupakan model dan artis itu.

Arzetti menambahkan bahwa Unair saat ini membutuhkan laboratorium untuk penelitian yang juga akan dibantu proses pendanaan infrastruktur pendukung penelitian tersebut. [adg/suf]

Tag : unair

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan