Semarak Peringatan Tahun Baru Islam dan Hari Ozon SMP Al Muslim

Kamis, 13 September 2018 21:33:38
Reporter : Ribut Wijoto
Semarak Peringatan Tahun Baru Islam dan Hari Ozon SMP Al Muslim

Surabaya (beritajatim.com) - Nuansa kesucian terasa begitu memasuki area SMP Al Muslim. Hal tersebut tampak karena kostum yang digunakan oleh guru dan siswa yang serba putih. Hari ini, peringatan Tahun Baru Islam 1440 H diadakan sekaligus memeringati Hari Ozon yang jatuh pada tanggal 16 September.

Sebagai sekolah adiwiyata nasional, SMP Al Muslim konsisten memperingati hari-hari lingkungan sebagai implementasi kepedulian terhadap lingkungan.

“Tahun ini, peringatan tahun baru Islam berdekatan dengan momen hari ozon, jadi kita jadikan satu dalam sebuah kegiatan supaya lebih efektif dan efisien,” terang Ustadzah Riroh selaku ketua panitia.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan, Ustadzah Riroh juga berpesan kepada seluruh siswa untuk memanfaatkan momentum tahun baru Islam untuk berhijrah dari hal yang negatif ke hal yang positif sehingga bisa menjadi manusia yang lebih baik dari hari ke hari. Salah satu bentuk hijrah adalah lebih peka terhadap kondisi lingkungan sekitar khususnya lebih peka terhadap upaya melindungi lapisan ozon dari kerusakan agar kelestarian bumi terjaga.

Upaya yang dilakukan oleh siswa-siswa SMP Al Muslim pada hari ozon ini adalah dengan tidak menyalakan AC sampai pukul 12.30 WIB. “Sebenarnya tidak hanya hari ini saja, setiap hari kita juga sudah mengupayakan meminimalisir penggunaan AC dan peralatan lain yang menyebabkan tipisnya lapisan ozon karena kita tahu bahwa banyak dampak negatif dari kerusakan lapisan ozon” ujar Ustadzah Ika Sriyaningsih, Kepala SMP Al Muslim.

Kegiatan yang bertema Siap Hijrah ke Bumi yang Lestari menggabungkan antara unsur keIslaman dengan unsur lingkungan sehingga tercetuslah ide kegiatan yang berbentuk lomba kaligrafi dan poster. Lomba kaligrafi bertema hijrah, sedangkan lomba poster bertema ozon. Seluruh peserta harus mengeksplor kreativitas agar bisa menjadi yang terbaik.

Selain itu, sebagai bentuk apresiasi seni, diadakan pula tampilan siswa tiap kelas berupa gema shalawat atau lagu islami. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 07.30 WIB hingga 11.30 WIB.  Rangkaian kegiatan tersebut diadakan di area sekolah dengan semangat yang luar biasa dari seluruh siswa sebagai peserta lomba.

Selain berkegiatan di dalam sekolah, sebagian siswa juga diajak untuk sharing ilmu sekaligus berkampanye ke tiga sekolah imbas adiwiyata. Sekolah-sekolah tersebut adalah SMA Al Muslim, MA Nurul Huda, dan MI Hasanuddin. Siswa yang didampingi guru pembina melakukan sharing pengetahuan tentang ozon dan mengajak kepada warga sekolah di sekolah imbas tersebut untuk bersama-sama melindungi lapisan ozon agar bumi lestari melalui penanaman tanaman polutan.

Seluruh sekolah imbas menyambut baik dan antusias dengan adanya kegiatan ini. Perwakilan siswa dan guru dari sekolah imbas pun siap untuk menerima pengetahuan dan siap merealisasikan upaya-upaya pelindungan lapisan ozon. Sebagai sekolah-sekolah adiwiyata sudah selayaknya memiliki kepekaan lebih terhadap kelestarian alam semesta.

Tahun baru 1440 H ini menjadi momen spesial bagi SMP Al Muslim, karena harapan besar tertoreh agar mampu mewujudkan cita-cita menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri setelah tahun kemarin berhasil menjadi sekolah Adiwiyata Nasional. Harapan besar pula agar seluruh civitas SMP Al Muslim menjadi muslim sejati yang lebih berkualitas keimanan dan keislamannya, serta menjadi khalifah di bumi yang mencintai dan menjaga bumi agar tetap nyaman ditempati. [but]

Tag : al muslim

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan