Aktivis Amphibi Tanam Mangrove di Kepetingan

Senin, 03 September 2018 15:53:14
Reporter : M. Ismail
Aktivis Amphibi Tanam Mangrove di Kepetingan

Sidoarjo (beritajatim.com) - Puluhan aktivis dari Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan dan Bahan Berbahaya dan Beracun Indonesia (Amphibi) bersama masyarakat nelayan menanam seribu tanaman mangrove di Teluk Permisan di muara sungai Dusun Kepetingan Desa Sawohan Kec.  Buduran, yang berbatasan langsung dengan Selat Madura.

Ketua DPP Amphibi Agus Salim Tanjung mengatakan, tanaman mangrove memiliki peranan penting dan banyak manfaat baik langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan yang ada. Khususnya bagi penduduk pesisir atau masyarakat nelayan.

Hutan mangrove diketahui bisa mencegah intrusi air laut, erosi dan abrasi pantai. Hutan mangrove juga bisa untuk mengurai limbah organik dan bahan kimia, serta tempat hidup dan sumber makanan sejumlah satwa.

“Kami berharap masyarakat nelayan ikut menjaga agar tanaman ini bisa hidup dan berkembang, sebab tujuan penanaman mangrove ini untuk menjaga lingkungan di sekitar laut dan pantai," katanya, Senin (3/9/2018).

Selain menanam mangrove, Amphibi juga membagikan 70 pasang sepatu sekolah untuk anak-anak nelayan di Dusun Kepetingan. Pembagian sepatu gratis ini disambut antusias anak-anak yang rela menunggu selama dua jam.

"Senang mendapat sepatu baru, dan akan saya gunakan untuk sekolah," kata Robby siswa kelas V sekolah dasar.

Aksi peduli lingkungan dan sosial kemasyarakatan ini adalah rangkaian untuk memperingati HUT Amphibi ke dua tahun. [isa/but]

Tag : lingkungan

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan