21 Siswa SMK Ikuti Pelatihan Otomotif ESP II

Jum'at, 10 Agustus 2018 21:57:11
Reporter : Deni Ali Setiono
21 Siswa SMK Ikuti Pelatihan Otomotif ESP II

Gresik (beritajatim.com) - Sebanyak 21 siswa sekolah kejuruan (SMK) mengikuti pelatihan otomotif 'Enduro Student Program' atau ESP tahap II. Program pelatihan tersebut tidak hanya memberi ilmu tentang otomotif saja. Tapi, juga pelatihan enterpreneurship perbengkelan.

Pelatihan itu dilakukan di wilayah Gresik, dan Lamongan yang dibimbing langsung oleh PT Pertamina Lubricants Production Gresik yang tahun lalu. Dengan program yang sama munculah 6 bengkel mandiri yang berdiri di wilayah Gresik, dan Lamongan.

Program ini merupakan rangkaian kegiatan pendidikan, pelatihan dan kewirausahaan mandiri. Khususnya di
dunia perbengkelan roda dua bagi siswa-siswi terpilih dari berbagai SMK otomotif kendaraan roda dua unggulan serta karang taruna. Di desa wilayah ring perusahaan.

Pelatihan yang berlangsung 37 hari itu, dilanjutkan dengan praktek kerja dan mentorship oleh bengkel mitra binaan PT Pertamina Lubricants selama 45 hari.

Dody Arief selaku Pjs Manager Production Unit Gresik PT Pertamina Lubricants menuturkan, melalui ESP Batch II ini diharapkan para peserta dapat mengikuti jejak kawan-kawannya membangun wirausaha secara mandiri.

"Kami terus berupaya untuk menjaring generasi penerus bangsa yang inovatif dan kreatif dibidang perbengkelan ini. Kami percaya bahwa mengembangkan keahlian dan minat para tenaga muda produktif sangatlah penting untuk memajukan industri pelumas dan ekonomi masyarakat Indonesia secara menyeluruh," ujarnya, Jumat (10/08/2018).

Tahap awal, 21 peserta tersebut akan mendapatkan pelatihan perbengkelan teknis dan non-teknis di Balai Latihan Kerja (BLK) Lamongan yang meliputi pelatihan ilmu teknik mesin motor, service motor, perawatan mesin, spare-parts, kelistrikan dan masih banyak lagi.

"Kami mendapatkan hasil dengan meninjau keberhasilan program ESP Batch I yang telah aplikasikan di wilayah Gresik dan Lamongan pada tahun lalu dengan berdirinya enam bengkel mandiri," tutur Doddy.

Melalui program ESP lanjut Doddy, diharapan dapat menumbuhkan usaha perbengkelan diwilayah Gresik dan Lamongan.

PT Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola usaha pelumas otomotif, dan industri serta base oil untuk pasar domestik dan internasional yang tersebar di Asia, Afrika, dan Australia.

Ada tiga unit produksi di Gresik, Cilacap, dan Jakarta serta satu unit produksi di Thailand. Dengan total kapasitas lebih dari 535 juta liter per tahun. [dny/but]

Tag : smk

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan