Sekolah Berbasis Teknologi

Dindik Jatim Resmikan Sekolah Jaringan, Apa Itu?

Kamis, 09 Agustus 2018 23:51:53
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Dindik Jatim Resmikan Sekolah Jaringan, Apa Itu?

Surabaya (beritajatim.com) - Dinas Pendidikan Jawa Timur (Dindik Jatim) terus berkomitmen meningkatkan kualitas serta mutu pendidikan di setiap jenjang didik. Saat ini yang tengah menjadi fokus utama adalah jenjang SMA/SMK.

Terkait hal itu, Kepala Dindik Jatim Saiful Rachman tengah mengedepankan program SMA Jaringan. SMA Jaringan ini merupakan hal baru yang dipilih sebagai bentuk peningkatan kualitas dengan bantuan teknologi.

"Jadi sekolah dipaksa mengejar sekolah terbaik, tidak bisa pakai kebijakan terus. Sekolah jaringan ini isinya lima sampai 10 sekolah yang menginduk pada sekolah unggulan," ungkapnya dalam peresmian SMA Jaringan di kantor Dindik Jatim jalan Genteng Kali 33 Surabaya, Kamis (9/8/2018).

Menurutnyam pemanfaatan teknologi merupakan adaptasi yang baik serta efisien. SMA jaringan mempermudah masyarakat daerah untuk mengakses semua informasi dan kurikulum yang berlaku di sekolah favorit yang mereka pilih sebagai sekolah induk.

Indikator sekolah induk diantaranya adalah sekolah yang 75 persen siswanya diterima PTN dan nilai Ujian Nasionalnya baik. "Nanti akan menggunakan teknologi melalui komputer atau gadget untuk saling berbagi materi dan pelaksanaan ujian online," jelasnya.

Dengan peningkatan kualitas ini, guru juga harus mengejar polanya. Dengan penerapan pembelajaran berbasis teknologi ini dengan sendirinya nilai UN diharapkan akan terangkat baik.

"Kalau hanya kontrak kerja mereka akan kesulitan mencari pola pembelajaran yang efektif. Jadi riil terlaksana penggunaan teknologi dalam optimalisasi pembelajaran, bukan hanya teori," ungkapnya.

Dalam peresmian ini diresmikan 114 sekolah induk. Setiap sekolah induk akan membawahi lima sampai 10 sekolah jaringan. [adg/suf]

Tag : sekolah

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan