Inilah Limbah Cair yang Semalam Gegerkan Sidoarjo

Selasa, 07 Agustus 2018 15:12:00
Reporter : M. Ismail
Inilah Limbah Cair yang Semalam Gegerkan Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) - Sebuah lahan kosong di Desa Punokawan Kec. Krian, dijadikan pihak tak bertanggungjawab sebagai tempat pembuangan limbah cair dan baunya seperti gas elpiji.

Limba yang dibuang dekat Bypass Krian inilah yang semalam menggegerkan Sidoarjo karena baunya yang menyengat menyebar tercium di berbagai kecamatan karena terbawa angin.

Melihat kenyataan ini, pihak Polsek Krian yang mendapatkan temuan sat patroli, lansung sidak ke tempat kejadian perkara (TKP).

Kapolsek Krian Kompol Saibani mengatakan, pihaknya berhasil mencari sumber bau tersebut setelah melakukan patroli di wilayah hukumnya sejak Senin (6/8/2018) malam.

Bau tersebut akhirnya diketahui berasal dari limbah yang dibuang di sebuah tanah kosong yang dijadikan tempat parkir truk.

"Ternyata sumbernya bukan bau dari gas LPG atau pipa gas bocor, tapi limbah berbentuk cair yang dibuang oleh orang yang tak bertanggung jawab dilahan kosong dipojokan simpang empat depan pabrik Pokphan," katanya, Selasa (7/8/2018).

Di TKP, petugas Polsek Krian langsung melakukan pemasangan garis polisi (police line) guna proses penyelidikan lebih lanjut. "Sudah kami pasang garis polisi sekarang. Sepertinya orang yang membuang itu mencuri-curi waktu, diperkirakan malam hari," terangnya.

Saibani menandaskan, bau itu merupakan dari limbah cair. Bau tersebut menyengat sampai ke beberapa daerah di kawasan Sidoarjo karena terhembus angin.

"Semalam memang gempar sampai kemana-mana baunya terhempas angin. Bahkan sampai luar kecamatan juga ada pengakuan dengan bau diduga dari limba yang mirip gas elpiji ini," terangnya.

Sekedar diketahui, semalam, di media sosial seperti di laman facebook Info Lantas Sidoarjo (ILS), hampir di berbagai kordinator kecamatan (Korcam) mengunggah status soal bau gas menyengat yang diduga berasal dari pipa gas bumi bocor. [isa/but]

Tag : pencemaran

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan