Gandeng LAPAN, Unair Akan Buat Mata Kuliah Kebijakan Luar Angkasa

Selasa, 07 Agustus 2018 06:37:18
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Gandeng LAPAN, Unair Akan Buat Mata Kuliah Kebijakan Luar Angkasa
Dekan Fisip Dr. Falih Suendi

Surabaya (beritajatim.com) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Airlangga (Unair) mengadakan Seminar Nasional Kebijakan Penerbangan dan Antariksa III bersama LAPAN, Senin (6/8/2018).

Seminar tersebut diharapkan sebagai pemantik para akademisi untuk lebih memahami manfaat teknologi penerbangan dan keantariksaan. Selain itu kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memperoleh masukan guna menyusun strategi dan arah kebijakan nasional.

Seminar tersebut dihadiri oleh 4 keynote speech yakni, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin selaku Kepala LAPAN; Prof. Dr. Mohammad Nasih selaku Rektor Unair; Prof. Dr. Makarim Wibisono selalu Guru Besar Tidak Tetap Unair; dan Amich Alhumami selaku Dirjen Pendidikan Tinggi IPTEK dan Kebudayaan Bappenas.

Seminar yang bertajuk 'Artikulasi Strategi Kebijakan Antariksa Menuju Pencapaian Visi Keantariksaan Indonesia 2016-2040 yang Mandiri, Maju, dan Berkelanjutan' juga membahas kerjasama keilmuan dengan Fisip.

"Kolaborasi ini tidak harus selama dengan astronomi. Karena masa depan kita ada di angkasa. Oleh karena itu kita siap berkolaborasi dengan LAPAN terutama dengan para pemimpin politik. Bahkan kami kalau memungkinkan nanti mendesain mata kuliah dan peminatan yang dekat dengan keantariksaan. Para diplomat juga banyak yang tidak tahu kebijakan keantariksaan, inilah kenapa universitas perlu bekerja sama dengan LAPAN," ujar Dr. Falih Suaedi selaku Dekan Fisip.

Farid menambahkan kebijakan udara Indonesia saat ini belum terkover dengan baik. Oleh karena itu, Jurusan Hubungan Internasional di Fisip menjadi ranah keilmuan yang cocok untuk mengkaji kebijakan keantariksaan. Selama ini, Farid mengatakan, tidak banyak pemimpin kebijakan yang mengerti kebijakan dalam konteks keilmuan keantariksaan. [adg/suf]

Tag : unair

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan