Sambut Asian Games

10.000 Orang Kumandangkan Lagu Nasional di Unair

Minggu, 05 Agustus 2018 18:13:45
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
10.000 Orang Kumandangkan Lagu Nasional di Unair

Surabaya (beritajatim.com) - Berbagai persiapan menyambut event olahraga terbesar Asia, Asian Games 2018, pada Aguatus ini terus dilakukan pemerintah beserta jajaran. Salah satunya digelar perguruan tinggi dan aparat pemerintah daerah melalui koordinasi Kemristekdikti. Termasuk sebagai upaya menyambut Hari Kemerdekaan Ke-73 Indonesia.

Harmoni Indonesia 2018 digelar serentak se-Indonesia, Minggu pagi (5/8/2018). Acara itu diadakan sebagai upaya menyambut event empat tahunan Asian Games 2018 yang bakal digelar pada 18 Agustus 2018 di Jakarta dan Palembang.

Dalam hal ini Universitas Airlangga (Unair) menjadi titik pusat pelaksanaan Harmoni Indonesia 2018 di Jawa Timur. Tepatnya digelar di Airlangga Convention Center (ACC), Kampus C. Total terdapat 10.000 peserta yang hadir. Sebanyak 7.000 peserta dari mahasiswa Unair dan 3.000 lainnya berasal dari perguruan tinggi negeri dan swasta serta dari instansi pemerintah di wilayah Jawa Timur.

Khusus mahasiswa Unair, kegiatan itu dibuka dengan senam pagi di depan rektorat yang dikoordinatori BEM. Dari luar Surabaya, ada perwakilan mahasiswa Malang, Mojokerto, Madiun, Banyuwangi, Jombang, Tuban, dan Madura. Misalnya, UB, UNM, UMM, ITN, UBHARA, UNITOMO, UPN, UNESA, UINSA, dan lain-lain.

Juga hadir perwakilan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta jajaran apparat TNI dan Polri. Jajaran pimpinan TNI, Polri, dan perguruan tinggi juga hadir. Di antaranya, Rektor UNAIR Prof. Dr. Muhammad Nasih, S.E., MT., AK., CMA; Rektor Universitas Negeri Surabaya Prof. Dr. Warsono, M.S.; dan Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN) Jawa Timur Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto, MP. Serta sejumlah pejabat Koordinator perguruan tinggi swasta (Kopertis) VII dan apparat TNI-POLRI

Harmoni Indonesia 2018 terdiri atas kegiatan menyanyikan lagu nasional yang dipandu langsung oleh Addie MS, konduktor orchestra ternama di Indonesia. Kegiatan itu dilaksanakan serentak seluruh Indonesia bersama Presiden Jokowi bersama jajaran Menteri.

Lima lagu dinyanyikan dalam kegiatan itu. Dibuka dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dilanjutkan berurutan lagu Satu Nusa Satu Bangsa, Garuda Pancasila, Rayuan Pulau Kelapa, Bagimu Negeri, dan Hari Merdeka.

Dalam sambutannya, melalui tele conference, Jokowi menyampaikan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan ke-73 Indonesia. Sekaligus memberikan semangat kepada seluruh atlet Indonesia agar mampu berprestasi dalam Asian Games 2018.

"Saya harap Asian Games bisa terselenggara dengan sukses dan melalui kegiatan itu, semangat persatuan, persaudaraan, dan kebangsaan kita dapat  diperkuat. Sebab, itulah aset bangsa yang mesti kita rawat bersama-sama," harap Jokowi.

"Kegiatan tersebut diharapkan mampu menjadi salah satu media perekat kebangsaan dan kesatuan seluruh elemen bangsa. Baik berupa energi, pemikiran, maupun kepentingan untuk memajukan bangsa secara bersama-sama. Karena itu, tidak boleh ada satu kekuatan bangsa pun yang tercerai berai," Ujar Prof. Nasih selaku Rektor Unair.

Kemudian yang kedua, sebagai elemen bangsa mesti bahu membahu, saling membantu, dan saling menyemangati untuk kesuksesan penyelenggaraan dan prestasi bangsa Indonesia di Asian Games.

"Menghadapi tahun-tahun pesta demokrasi seperti saat ini dan yang akan datang, tensi untuk tecerai berai berpeluang. Dan, tentu melalui acara ini dengan menyanyi bersama, kita akan bisa mempersatukan semuanya sekaligus menyadarkan semuanya bahwa kita tengah berpesta. Pesta tidak elok kalau dibumbui dengan perpecahan. Pesta harus dilakukan secara bersama-sama dan harus memperat persatuan kita semuanya. Kita tidak boleh membeda-bedakan lagi karena kita sebangsa dan setanah air," pungkasnya. [adg/suf]

Tag : unair

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan