Saksi Dispendik Nyatakan Ada Pembobolan Soal UNBK di SMPN 54 Surabaya

Senin, 30 Juli 2018 16:16:17
Reporter : Nyuciek Asih
Saksi Dispendik Nyatakan Ada Pembobolan Soal UNBK di SMPN 54 Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) - Sidang lanjutan dugaan kasus IT, yakni membobol server untuk menyambung link antara komputer yang digunakan siswa peserta UNBK dengan terdakwa Kepala Sekolah SMPN 54 Keny Erviati, kembali dilanjutkan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaga, Senin (30/7/2018).

Sidang yang dipimpin Agus Hamzah ini mengagendakan keterangan saksi yang didatangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yusuf Akbar dan Made. Ada enam saksi yang didatangkan yakni Sudarminto, Aris Hilmi, Ali Mardiono, Mamik, Dedi dan Sri Wulandari. Kesemua saksi merupakan dari Dinas Pendidikan Surabaya.

Dalam persidangan saksi Muhamad Aries Hilmi, saksi Sudarminto, saksi Ali, dan saksi Harun yang bertugas memantau pelaksanaan UNBK datang ke SMPN 54 Surabaya melihat ruangan di samping kelas, yaitu Laboratorium IPA ada aktivitas mencurigakan.

Selanjutnya para saksi melihat satu unit computer dalam keadaan menyala dan berisi aplikasi whatsapp dimana pada aplikasi tersebut ditemukan foto-foto soal UNBK yang mestinya tidak dapat diakses di luar ruangan kelas yang digunakan untuk ujian UNBK.

Selain itu, para saksi juga melihat telah dilakukan pemotretan terhadap layar komputer tersebut dan kemudian dikirimkan kepada seseorang. Kemudian para saksi melaporkan hal tersebut kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya

"Bahwa maksud dan tujuan terdakwa melakukan hal tersebut adalah sebagai rasa terima kasih terhadap komite sekolah yang dianggap telah banyak membantu terdakwa selama menjadi Kepala Sekolah di SMPN 54 Surabaya," ujar saksi.

Terdakwa Keny Erviati adalah Kepala Sekolah SMPN 54 Surabaya yang bertugas mengelola dan mengupayakan pembelajaran berjalan lancar serta mengupayakan kualitas akademik dari siswa di SMPN 54 Surabaya.

Terdakwa dikenai pasal 46 Ayat (2) Jo Pasal 30 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP Jo Pasal 64 Ayat (1) KUHP. [uci/but]

Tag : unbk

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan