Unair Kukuhkan 3 Guru Besar

Sabtu, 28 Juli 2018 19:58:19
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Unair Kukuhkan 3 Guru Besar

Surabaya (beritajatim.com) - Universitas Airlangga (Unair) bakal kembali mengukuhkan tiga guru besar baru pada Sabtu (28/7/2018), di Aula Garuda Mukti, Lantai 5, Gedung Rektorat Unair.

Tiga Guru Besar Baru tersebut adalah Prof. Dr. Chiqita Prahasanti Sulistiowati, drg., Sp., Perio (K) guru besar bidang periodensia Fakultas Kedokteran Gigi (FKG); Prof. Dr. H. Soegeng Wahluyo, drg., M.Kes., Sp. KGA (K), guru besar bidang kedokteran gigi anak Fakultas Kedokteran Gigi (FKG); dan Prof. Dr. Basuki, M.Com (Hons)., Ph.D., Ak., CA., CMA., guru besar bidang akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Dalam sambutannya, Prof. Nasih, selaku Rektor Unair mengingatkan akan tanggung jawab dan pengabdian kepada negara bagi ketiga gubes. Pengukuhan gubes menjadi momen memantabkan tekad untuk mengabdikan diri pada karya nyata kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Pengukuhan itu, lanjut Prof Nasih, diharapkan mampu menambah energi UNAIR untuk terus berkembang. Dan, pada akhirnya, effort, upaya, UNAIR mampu kian bergerak dengan cepat.

Selain itu, Prof. Nasih menambahkan bahwa atas pengukuhan tersebut, ketiga gubes diharapkan terus meningkatkan upaya pengembangan ilmu pengetahuan. Terutama di bidang ilmu kedokteran gigi dan akuntansi. Yang pada akhirnya ketiga gubes mampu memberikan kontribusi nyata terhadap almamater, juga Indonesia.


"Tanggung jawab itu adalah menghadirkan masa depan pada hari ini. Dan, kita mesti menyadari atas kelimpahan potensi sumber daya alam yang dimiliki Indonesia. Itulah yang menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memanfaatkan dan mengoptimalkannya seperti pemikiran yang disampaikan oleh ketiga gubes," ungkapnya.

Dengan dikukuhkan nya tiga guru besar tersebut maka Unair kini memiliki 186 Guru Besar atau telah mencapai 475 orang sejak Unair didirikan. Atas pengukuhan itu Prof. Dr. Chiquita jadi guru besar aktif FKG yang ke-18 atau ke-180 UNAIR sejak berstatus PTN BH pada 2012, dan ke-472 UNAIR sejak didirikan pada 1954.

Dalam pengukuhannya, Prof. Dr. Chiquita menyampaikan orasi ilmiah berjudul ”Tissue Engineering: Harapan Masa Depan Mengatasi Masalah Penderita Dengan Periodontitis Agresif”.

Kedua, Prof. Dr. H. Soegeng Wahluyo, akan didapuk sebagai guru besar bidang kedokteran gigi anak Fakultas Kedokteran Gigi (FKG). Prof. Dr. Soegeng bakal jadi guru besar aktif FKG yang ke-19, ke-181 UNAIR sejak berstatus PTN BH, dan ke-473 sejak UNAIR didirikan.

Orasi ilmiah yang berjudul ”Sumbangan Pemikiran Ilmu Kedokteran Gigi Anak di Bidang Kesehatan tentang Manfaat dan Dampak Konsumsi Fluorida” akan disampaikan Prof. Dr. Soegeng dalam pengukuhan tersebut.

Ketiga, Prof. Dr. Basuki, dikukuhkan sebagai guru besar bidang akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Prof. Dr. Basuki dalam pengukuhannya bakal menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul ”Perkembangan Pemikiran Akuntansi: Dari ‘Pelayan Pasar’ Menjadi Sarana Menyejahterakan Manusia”.

Prof. Dr. Basuki menjadi guru FEB yang ke-23. Serta, menjadi guru besar yang ke-182 UNAIR sejak berstatus PTN BH dan yang ke-474 sejak UNAIR didirikan.[adg/ted]

Tag : unair

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan