SMEKDORS Ajarkan Siswa Jujur Jika Tidak Masuk Sekolah, Bahkan untuk Nonton Persebaya

Kamis, 26 Juli 2018 22:11:11
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
SMEKDORS Ajarkan Siswa Jujur Jika Tidak Masuk Sekolah, Bahkan untuk Nonton Persebaya

Surabaya (beritajatim.com) - SMK Dr Soetomo (SMEKDORS) Surabaya mempunyai cara yang unik untuk membiasakan siswa-siswinya untuk tidak membolos dan bersikap jujur.

Kepala Sekolah SMEKDORS, Juliantono Hadi menerapkan kebijakan untuk membuat surat izin tidak masuk, apapun alasannya.

Seperti halnya hari ini, Kamis (26/7) bertepatan dengan agenda pertandingan sepakbola Persebaya Surabaya melawan Persib Bandung di , seorang siswa kelas XI bernama Gabriella Delia Cavalera jurusan Pemasaran 1.

Gabriella membuat surat izin yang sangat unik yakni izin untuk tidak masuk sekolah lantaran ingin menonton Persebaya melawan Persib. begini isi suratnya.

"Surabaya, 25 Juli 2018.
YTH, Bapak / Ibu Guru
SMK DR SOETOMO SBY
di tempat

Dengan Hormat,

Dengan ini saya menyatakan bahwa anak kami bernama Gabriella Delia Cavalera kelas XI PM 1 pada tanggal 26 Juli 2018 tidak dapat mengikuti pelajaran dikarenakan PANGGILAN JIWA untuk SIAP MENDUKUNG TIM KEBANGGAAN SURABAYA melawan PERSIB BANDUNG.

Demikian surat ini saya buat,
SALAM SATU NYALI, WANI !

Hormat Kami,

Bung Tomo."


Terkait hal tersebut, Julianto Hadi mengatakan kepada beritajatim.com bahwa draft tersebut memang sudah diketahui olehnya. Ia ingin menekankan kepada muridnya untuk jujur dan tidak membolos, apapun alasannya.

"lebih baik seperti ini, tidak membolos. Kalau memang ingin nonton bola ya nonton saja. Saya tidak melarang. karena kalau absen bolos sudah 10 persen maka resikonya tidak naik kelas," ujar Juliantono.

Ia juga mengatakan, bahwa Gabriella berasa di kelas XI yang masuknya siang hari sehingga dia harus ijin tidak mengikuti pelajaran pada tanggal 26 Juli tersebut. Julianto bahkan menunjukkan apresiasinya kepada kelompok suporter Persebaya asal SMEKDORS.

"Bapak'e wae Bonek, mosok siswa'e gak," tambah Julianto sambil menunjukkan kartu resmi pendukung Persebaya miliknya.[adg/ted]

Tag : sekolah

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan