RS Hewan Pendidikan Unair Diresmikan Menristekdikti

Rabu, 11 Juli 2018 16:25:40
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
RS Hewan Pendidikan Unair Diresmikan Menristekdikti

Surabaya (beritajatim.com) - Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Prof Muhammad Nasih hari ini resmi buka Rumah Sakit Hewan Pendidikan Unair bersama Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof Muhamad Nasir, Rabu (11/7).

Rumah Sakit Hewan Pendidikan ini sudah dibuka perdana pada 4 April 2018 dan mulai beroperasi pertama kali pada 26 Juni 2018 yang lalu.

Rumah Sakit Hewan Pendidikan Unair didirikan sebagai salah satu tempat bagi penyelenggaraan proses pendidikan, pengembangan riset dan pengabdian masyarakat. Rumah Sakit Hewan Pendidikan Unair ini mengacu pada Sakit Hewan yang adaptif, kreatif dan proaktif terhadap perkembangan pendidikan kesehatan hewan. Rumah Sakit Hewan Pendidikan ini juga sebagai sarana pelaksanaan pendidikan profesi dokter hewan dan mendukung pengembagan kompetensi mahasiswa dokter hewan.

Pelayanan yang disediakan di Rumah Sakit Hewan Pendidikan Unair, yaitu konsultasi kesehatan hewan, pemeriksaan untuk hewan sakit, pelayanan vaksinasi, pelayanan bedah minor dan mayor, radiologi, pemeriksaan darah serta grooming (mandi sehat). Pelayanan dilakukan setiap hari Senin s.d Jumat pukul 08.30-16.30. dan Sabtu pukul 9.00 – 13.00.

Menristekdikti, Prof Muhammad Nasir mengatakan bahwa pendirian Rumah Sakit Hewan Pendidikan ini merupakan hal yang baik, karena bisa memberikan cinta kasih terhadap sesama makhluk hidup, yakni hewan.

"Peresmian ini merupakan salah satu rangkaian acara saya di Unair ini. Rumah Sakit Hewan Pendidikan ini diharapkan mampu menjadi sarana dan pembelajaran untuk para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi di bidang kesehatan hewan," ujar Prof. Nasir

Rumah Sakit Hewan Pendidikan Unair ini merupakan rumah sakit hewan pertama di Indonesia yang ditujukan tidak hanya pelayanan medis hewan melainkan juga sebagai sarana pembelajaran para ahli dibidang penyakit kehewanan.

Prof. Nasir juga berharap kedepannya Unair tidak hanya fokus pada hewan peliharaan, tetapi juga baik untuk memperhatikan kesehatan hewan ternak agar keuntungan nya tidak hanya masalah kesehatan hewan tetapi juga peningkatan ekonomi. [adg/but]

Tag : unair

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan