Ubaya Jadi Tuan Rumah Konferensi Tingkat Dunia

Selasa, 10 Juli 2018 17:53:50
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Ubaya Jadi Tuan Rumah Konferensi Tingkat Dunia

Surabaya (beritajatim.com) - Universitas Surabaya (Ubaya) hari ini menjadi tuan rumah  Konferensi Gabungan Association of Universities of Asia and The Pacific (AUAP) yang ke-33 dan International Association Of University President (IAUP), Selasa (10/7) di Main Hall Hotel Novotel Samator Jl Raya Kedung Baruk Rungkut Surabaya.

Ada 105 Pemimpin Institusi Perguruan Tinggi dari 26 negara yang tergabung dalam AUAP.

Konferensi AUAP ini bertajuk 'Membangun Kesinambungan Institusi Perguruan Tinggi di Era Digital'. Acara dibuka oleh Rektor Ubaya, Presiden AUAP dan President IAUP.

Negara-negara yang hadir dalam Konferensi ini antara lain, Australia, Azerbaijan State, Bangladesh, Canada, China, Ghana, India, Indonesia, Iran, Pakistan, Korea Selatan, Afrika Selatan, Taiwan, Sudan, Amerika Selatan, Thailand, Australia, Costa Rica, Denmark, Estonia, Georgia, Jepang, Malaysia, Meksiko, Filipina dan Tanzania.

Konferensi ini juga bertepatan dengan ulang tahun ke 50 Ubaya.

Menurut Rektor Ubaya, Prof. Ir. Joniarto Parung, terpilih nya Ubaya sebagai tuan rumah karena Ubaya memenuhi kualifikasi yang sudah ditentukan.

"Ubaya sebagai salah satu anggota AUAP terpilih menjadi tuan rumah setelah melewati serangkaian proses. Dimulai dari pencalonan oleh anggota dewan, kemudian penilaian dari aspek keaktifan institusi dalam organisasi, kesiapan dan kemampuan menjadi pihak penyelenggara," ujar Prof. Joniarto.

Konferensi AUAP bertujuan untuk saling bertukar dan berbagi langkah-langkah terbaik antar Institusi Perguruan Tinggi, dalam mengimplementasikan berbagai program inovatif untuk memperkuat dan mempertahankan eksistensi jangka panjang sebagai lembaga pendidikan. Juga upaya upaya yang dipilih untuk menghadapi tantangan Perguruan Tinggi saat ini.

"Konferensi ini menarik karena dihadiri oleh pemimpin perguruan tinggi di dunia sehingga bisa berbagi tips keunggulan dan kekhasan dari masing-masing Perguruan Tinggi. Apa yang bagus di mereka bisa kita tiru dan terapkan disini dan apa yang bagus di kita bisa dijadikan referensi mereka. Selian itu kita juga membahas pendekatan pendidikan yang lebih efektif," ungkap Prof Joniarto.

Hasil dari konferensi ini menurut Prof Joniarto, Ubaya akan bekerja sama dengan dengan Taiwan untuk Ilmu ilmu kesehatan terkini.

"Ada yang menarik tadi, dari Taiwan, I Shu mereka kuat di health science jadi kita akan bekerjasama disana, kita juga akan tawarkan pengobatan tradisional dan psikologi yang unggul di kita. rencananya besok akan diadakan MoU," pungkasnya. [adg/ted]

Tag : ubaya

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan