Antisipasi Stok Darah, PMI Kabupaten Mojokerto Optimalkan Mobil Keliling

Jum'at, 08 Juni 2018 14:14:23
Reporter : Misti P.
Antisipasi Stok Darah, PMI Kabupaten Mojokerto Optimalkan Mobil Keliling

Mojokerto (beritajatim.com) - Unit Donor Darah (UDD), Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mojokerto melakukan langkah antisipasi stok darah jelang libur panjang lebaran 2018. Yakni dengan mobil PMI keliling untuk mencari pendonor.

Kepala UDD PMI Kabupaten Mojokerto, dr Endang Sri Wulan mengatakan, mobil keliling PMI akan dioptimalkan untuk pengamanan stok darah. "Selain itu, anggota tetap standy di kantor untuk melayani masyarakat yang akan mendonorkan darahnya," ungkapnya, Jumat (8/6/2018).

Masih kata Endang, kegiatan donor keliling dengan menggunakan mobil PMI keliling saat ramadan dilakukan pada malam. Setelah buka puasa, mobil kelilinh PMI akan standby di masjid Kauman dan juga di ruko Royal Mojosari, Kabupaten Mojokerto.

"Stok darah di PMI, untuk semua permintaan dari rumah sakit di Kabupaten maupun Kota Mojokerto. Di UDD PMI Kapubaten Mojokerto ada dua komponen Whole blood (WB) dan Packed Red Cell (PRC). Kebutuhan stok darah banyak dipakai saat operasi atau pasien laka lantas dan lainnnya," katanya.

Saat ini, UDD PMI Kabupaten Mojokerto mempunyai stok darah sebanyak 148 kantong darah. Stok darah tersebut meliputi golongan A berjumlah 48 kantong darah, darah B sebanyak 62, darah golongan O sekira 33 kantong darah dan darah AB sekitar 5 kantong darah.

"Stok darah banyak golongan B lantaran kebutuhannya tidak sebanyak golongan O. Namun jika ada kekurangan karena keterbatasan stok maka kami akan order ke UDT terdekat misalnya di UDT Sidoarjo atau Gresik," jelasnya.[tin/kun]

Tag : pmi mojokerto

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan