Waspadai Maag dan Asam Lambung

Kamis, 07 Juni 2018 14:59:16
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Waspadai Maag dan Asam Lambung

Surabaya (beritajatim.com)--Menjelang libur panjang Hari Raya Idul Fitri 2018, RSUD Dr. Soetomo Surabaya melakukan persiapan kesiagaan secara menyeluruh dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara maksimal.

Direktur RSUD Dr. Soetomo, dr. Harsono saat konferensi pers, Kamis (7/6/2018) mengatakan bahwa pihaknya telah mengantisipasi keadaan emergency yang mungkin terjadi saat Idul Fitri dan Libur bersama tiba.

"Kami telah melakukan upaya kesiagaan baik di internal rumah sakit maupun di lingkup eksternalnya. Kesiapan internal antara lain akses pelayanan unit gawat darurat 24 jam, obat-obatan, tim dokter jaga dan on call, kamar juga jadwal pegawai struktural. Untuk eksternalnya kita sudah adakan koordinasi dengan rumah sakit lain untuk masalah rujukan, karena kan RSUD Dr Soetomo merupakan rujukan primer atau rujukan terakhir," ujar dr. Harsono.

Selain upaya kesiapan internal dan eksternal, RSUD Dr Soetomo juga menyiapkan koordinasi lintas sektor, seperti dengan tim keamanan, Kepolisian, TNI, dan lainnya.

Menurut dr Harsono, situasi yang patut diwaspadai adalah pasca Idul Fitri atau setelah Lebaran, karena pola makan yang berubah setelah tidak lagi puasa memicu penyakit-penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Karena dari tahun ke tahun, selain faktor kecelakaan, keadaan yang mendominasi adalah penyakit sistem pencernaan.

"Dari tahun ke tahun, penyakit yang banyak menyerang masyarakat pasca puasa adalah masalah sistem pencernaan, seperti dyspepsia, maag, asam lambung," tambahnya.

Dokter Harsono juga mengatakan bahwa kesadaran masyarakat mengenai ketertiban di jalan semakin tahun semakin baik. Hal ini dibuktikan dengan jumlah kecelakaan lalu lintas dari tahun ke tahun semakin menurun.

Tahun lalu, menurut data RSUD, angka kecelakaan lalu lintas hanya sebanyak 14 pasien, sedangkan pada tahun 2016 sebanyak 73 pasien.

"Kesadaran masyarakat sudah baik, ini yang harus dijaga dan ditingkatkan. Jangan terburu-buru dinikmati saja libur panjangnya agar selamat sampai tujuan. Serta jaga pola makan yg sehat dan seimbang karena hampir semua penyakit datangnya dari pola makan dan rokok," ingatnya. [adg/air]

Tag : lebaran

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan