Dinkes Kabupaten Mojokerto Siagakan 27 Ambulan dan 243 Personil Kesehatan

Kamis, 07 Juni 2018 11:39:20
Reporter : Misti P.
Dinkes Kabupaten Mojokerto Siagakan 27 Ambulan dan 243 Personil Kesehatan

Mojokerto (beritajatim.com) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto menyiagakan 27 ambulance dengan total 243 personil selama arus mudik dan balik lebaran. Apel siaga personil Dinkes Kabupaten Mojokerto tersebut digelar di halaman Dinkes Kabupaten Mojokerto.

Kepala Dinkes Kabupaten Mojokerto, Didik Khusnul Yakin mengatakan, pihaknya akan menyiagakan setiap posko dan puskesmas satu ambulance. "Ada tiga personil di setiap pos dan sembilan personil di setiap puskesmas, total 243 personil," ungkapnya, Kamis (7/6/2018).

Ada mobil ambulance di masing-masing puskemas yakni  27 puskesmas yang ada dengan sembilan personil. Mereka akan disiagakan mulai hari ini hingga 7+lebaran nanti. Ada delapan pos utama, exit Tol Jomo, Gajah Mada, Mertex, Kenanten, jembatan timbang Trowulan, Mojosari dan dua di Pacet.

"Semuanya petugas medis yang dilibatkan dalam pelayanan mudik lebaran ini telah mempunyai kemampuan penanganan kegawatdaruratan. Mereka semua sudah terlatih penanganan korban kecelakan. Semua puskesmas dan kantor Dinkes tidak libur," katanya.

Terpenting, lanjut Didik, Dinkes Kabupaten Mojokerto mempunyai sistem penanganan kegawatdaruratan yang tersambung ke seluruh rumah sakit. Seluruhnya itu telah tersambung ke akses layanan fasilitas kesehatan (faskes) di rumah sakit dan terintegrasi ke Coment Center Polresta Mojokerto.

"Polres punya Coment Center itu yang juga tersambung dengan pelayanan penanganan kegawatdaruratan. Sehingga jika ada pemudik yang butuh penangganang cepat langsung terkonek ke sistem penanganan kegawatdaruratan," ujarnya.[tin/ted]

Tag : lebaran

Berita Terkait

Kanal Pendidikan & Kesehatan