PMI Pamekasan Pastikan Stok Darah Aman Selama Ramadan

Kamis, 24 Mei 2018 23:26:05
Reporter : Samsul Arifin
PMI Pamekasan Pastikan Stok Darah Aman Selama Ramadan

Pamekasan (beritajatim.com) - Persediaan stok darah di Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan dipastikan cukup aman, sekalipun jumlah pendonor mengalami penurunan memasuki pekan pertama Ramadan 1439 Hijriyah.

Terlebih saat ini mereka tengah menjalankan program Safari Rahmat Ramadan, bahkan hingga pekan pertama Ramadan sudah terkumpul sebanyak 309 kantong darah. "Alhamdulillah stok darah aman, cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Direktur UTD PMI Pamekasan Achmad syafirullah, Kamis (24/5/2018) malam.

"Ketersediaan darah rata-rata masih di atas seratus kantong, kecuali golongan darah AB yang memang sulit. Saat ini stok darah golongan A tersedia 105 kantong, golongan darah B 160 kantong, golongan darah O 155 kantong dan golongan darah AB sebanyak 15 kantong," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, ketersediaan darah baru dibilang menipis ketika persediaan hanya tersisa sebanyak lima kantong. "Tapi kita berharap dengan adanya program Safari Rahmad Ramadan, persediaan stok darah tetap stabil sekalipun bersamaan dengan momentum Ramadan," jelasnya.

Dari itu pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan program yang digagasnya, terlebih sebagai upaya berbagi bersama masyarakat dalam momentum Ramadan. "Saat ini kita jemput bola dengan melakukan aksi donor darah di beberapa titik ramai di Pamekasan," imbuhnya.

"Salah satunya dengan menggandeng kelompok suporter sepakbola yang juga ikut berpartisipasi dalam program Safari Rahmat Ramadan, tentunya juga dengan membuka stand di titik ramai seperti di area Arek Lancor, masjid dan lainnya," pungkasnya. [pin/suf]

Tag : pmi pamekasan

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan