Sepekan Pertama Ramadan, UTD PMI Pamekasan Kumpulkan 309 Kantong Darah

Kamis, 24 Mei 2018 22:35:00
Reporter : Samsul Arifin
Sepekan Pertama Ramadan, UTD PMI Pamekasan Kumpulkan 309 Kantong Darah

Pamekasan (beritajatim.com) - Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan mengumpulkan sebanyak 309 kantong darah selama lima hari Ramadan 1439 Hijriyah dalam program 'Safari Rahmat Ramadan'.

Jumlah tersebut merupakan hasil dari program Safari Rahmat Ramadan yang digelar sejak awal Ramadan. "Dalam program ini kita melakukan aksi donor di malam Ramadan, total yang kami kumpulkan sebanyak 309 kantong," kata Direktur UTD PMI Pamekasan Achmad Syafirullah, Kamis (24/5/2018) malam.

"Pada hari pertama (program Safari Ramhat Ramadan) kita mengumpulkan sebanyak 27 kantong, berikutnya naik menjadi 43 kantong, 100 kantong, 67 kantong dan sebanyak 72 kantong. Alhamdulillah peserta donor terbilang cukup antusias," ungkapnya.

Untuk memenuhi kebutuhan stok darah selama Ramadan, pihaknya rajin melakukan donor darah di berbagai tempat di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. Khsususnya di beberapa titik keramaian semisal di area Monumen Arek Lancor, bahkan juga dengan menggandeng beberapa orgmas hingga elemen suporter sepakbola.

"Pada Ramadan kali ini, kami adakan kegiatan khusus. Donor darah digelar setelah salat tarawih, kita datangi tempat-tempat ibadah dan lokasi yang ramai. Alhamdulillah tiap malam banyak yang donor darah, meskipun tidak seramai sebelum Ramadan," jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengajak sekaligus memberi kesempayan bagi perusahaan ataupun instansi untuk membantu penyediaan sembako kepada para pendonor. "Memang dalam kesempatan ini, kami membagikan sembako kepada pendonor melalui kerjasama dengan berbagai pihak," imbuhnya.

"Dari itu, bersamaan dengan momentum Ramadan dengan kemasan program Safar Rahmat Ramadan kami memberi kesempatan kepada perusahaan atau instansi untuk membantu penyediaan sembako yang akan kami bagikan kepada para pendonor," pungkasnya. [pin/kun]

Tag : pmi pamekasan

Berita Terkait

Komentar

Kanal Pendidikan & Kesehatan